OPINI  

Boi Meningkat : Bantu Para UMKM Di Marketplace Facebook

banner 120x600
banner 468x60

BeritanyaInfo – Medan, Generasi muda sudah saatnya mengambil setiap proses usaha mikro sampai usaha makro dikarenakan lebih berdaya serta dapat bersaing ke Negara tetangga.

Oleh karena itu kita wajib mengenal sosok seorang admin di group komunitas marketplace yang sering kita sebut misalkan Jual Beli Online dan grup di kota lain yang beliau Kelola. Boi meningkat sudah banyak membantu para pebisnis dari bisnis kecil sampai besar di platform facebook tersebut namanya adalah Komunitas Marketplace grup yang terdaftar dengan nama Marketplace sesuai nama kota mu.

banner 325x300

Boi Meningkat Mencintai Dunia Digital, seiring berkembangnya dunia digital sampai ke industri digital 4.0 selalu saja banyak keluh kesah yang dihadapi oleh para umkm. “Saya kan admin di grup-grup marketplace, banyak yang masih butuh belajar tentang platform facebook ini karena setiap orang masih tergolong perlu training lebih lanjut untuk mengetahui setiap prosedur dan teknis agar tidak mengalami pencekalan oleh facebook itu sendiri” ucap Boi Meningkat saat di ajak berbincang-bincang via Whatsapp dan instagram @boimeningkat pada hari Jumat (08/10/2021).


Saat pengguna ingin memposting produk mereka ke dalam komunitas jual beli marketplace tersebut maka kebanyakan dari mereka mengalami masalah dan menganggap seperti ada yang tidak beres di akun mereka. Sepertinya saya dilarang berjualan facebook tersebut atau mereka beranggapan ketika berjualan produk atau layanan dimarketplace tersebut adalah berbayar.


“Jadi sebenarnya berjualan di online atau sering kita sebut di dunia internet secara digital tersebut tidak bayar dan banyak kok yang gratisan, Posting saja secara manual atau live atau siaran langsung di dalam grup facebook gratis kok.. sangat mudah untuk melakukannya tidak perlu skill yang mumpuni untuk tahu teknis berjualan di marketplace.. Namun pada saat pandemi covid 19 di indonesia, mewajibkan facebook untuk menjaga barang yang dijual apakah aman atau sudah lisensi BPOM misalkan seperti itu, bukan admin yang mencekal melainkan pihak facebook sendiri.. begitu” Tangkas Boi Meningkat di media sosial instagram miliknya.


Boi Mengaku kewalahan dengan adanya chat yang masuk ke dirinya dikarenakan sepertinya ia dituduh mencekal pengguna tersebut untuk berjualan di facebook atau di komunitas grup milik beliau. Sebab setiap orang masih sedikit memiliki pengetahuan tentang berjualan di grup facebook tersebut. Dari itu ia juga menyarankan agar berjualan dengan melakukan prokes setiap harinya agar memotong rantai covid 19 di indonesia kita tercinta.


“Saat saya tahu facebook mengeluarkan fitur Marketplace versi beta saya buru-buru mendapatkan ide untuk membangun sebuah wadah atau komunitas marketplace di facebook dengan member yang hampir mencapai ratusan ribu bahkan ada yang hampir memiliki total member jutaan. Oleh karena itu saya menyarankan berjualan dengan baik tanpa mengganggu aktivitas grup tersebut, misalkan grup Marketplace Riau atau Marketplace Medan yang terdaftar di platform facebook tersebut.. Silahkan jual produk kamu.. Gratis kok” Katanya.


Boi Meningkat menyarankan setiap orang bergabung ke dalam grup Marketplace sesuai kota kita berada, misalkan Marketplace Jakarta dan sebagainya. Kamu berada di kota pekanbaru seharusnya kamu mencari nama grup tersebut adalah Marketplace Pekanbaru. (***)

Penulis : Boy Meningkat (Pecinta Dunia Digital)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *