TNI  

Sambangi Sambas, Danrindam XII/Tpr Jalin Silaturahmi dan Sinergitas Dengan Forkopimda Kabupaten Sambas

banner 120x600
banner 468x60

Beritanyainfo – Sambas – Usai meninjau pelaksanaan latihan Pratugas Satgas Pamtas RI-Malaysia TA 2022 Yonif 645/Gty di wiliayah Kabupaten Sambas, Komandan Rindam

XII/Tpr, Kolonel Inf Lucky Avianto, S.I.P., M.Si., menyempatkan diri untuk berkunjung ke Kantor Bupati Sambas di Jalan Pembangunan, Dalam Kaum, Kabupaten Sambas. (Selasa, 4/1/2022)

banner 325x300

Dalam kunjungannya, Danrindam XII/Tpr didampingi oleh Dansecata Rindam XII/Tpr, Letkol Inf Roni Sugiarto, Dandodiklatpur Rindam XII/Tpr, Letkol Inf Khusnun Dwi Putranto, S.E., disambut hangat oleh Bupati Sambas, H. Satono, S.Sos., I.,M.H., dan Wakil Bupati Sambas, Fahrur Rofi, S.I.P., M.H., Sc, serta Forkopimda Sambas di Aula Utama Kantor Bupati Sambas.

“Selamat datang di Kabupaten Sambas kami ucapkan kepada Komandan Rindam XII/Tpr, Kolonel Inf Lucky Avianto. Kita membuka dengan hati yang lapang, membentang kedua tangan dalam menyambut kunjungan Komandan Rindam XII/Tpr,” ucap Bupati Sambas mengawali sambutannya.

Ia juga menjelaskan bahwa Kabupaten Sambas adalah wilayah yang berbatasan langsung dengan Malaysia, karenanya melalui Danrindam dia berharap, aspek keamanan menjadi perhatian serius.

Orang nomor satu di Kabupaten Sambas itu menjelaskan bahwa Kabupaten Sambas memiliki populasi terbesar kedua di Kalbar setelah Kota Pontianak. Ada 19 kecamatan dan 193 desa. Kemudian, dilihat dari luas wilayah kurang lebih 6500 KM, jika dibandingkan Kota Singkawang, berkali-kali lipat luasnya.

Khusus untuk Sambas, aspek keamanan perbatasan Indonesia-Malaysia harus menjadi perhatian serius kita bersama. Untuk itulah, Ia selaku Bupati Sambas dan seluruh jajaran selalu bersinergi dengan stakeholder terkait dalam menjalankan roda pemerintahan.

“Kita tidak mampu bekerja sendiri untuk membawa Sambas lebih berkemajuan, jika tidak ada dukungan dari seluruh stakeholder yang ada termasuk dari TNI. Selama pandemi Covid-19, kita semua telah bekerja keras menjaga tatanan keamanan dan kesejahteraan sosial masyarakat. Saya harap mulai 2022 kita bangkit dan lebih baik lagi,” imbuhnya.

Sementara itu, Kolonel Inf Lucky Avianto selaku orang baru di Rindam XII/Tpr dan di Kalimantan Barat, dalam sambutannya memperkenalkan diri kepada Bupati Sambas dan Forkopimda Kabupaten Sambas.

“Kami datang kesini dengan tujuan untuk bersilaturahmi dengan Bapak Bupati Sambas beserta Wakil Bupati dan Bapak Ibu sekalian yang hadir di Aula pada siang ini. Kami harap melalui silaturahmi ini kedepannya dapat terjalin sinergitas bersama dalam membangun bangsa dan negara yang kita cintai ini. Terima kasih kami ucapkan kepada Bupati Sambas dan jajaran yang begitu hangat dan luar biasa dalam menyambut kedatangan kami,” tutur Danrindam.

Menyikapi apa yang telah disampaikan oleh Bupati Sambas dalam sambutannya, Danrindam menyampaikan bahwa setelah meninjau latihan pratugas yang di wilayah Kabupaten Sambas, ia menyampaikan sependapat dengan statement Bupati Sambas bahwa Sambas dengan wilayah yang sangat luas terlebih berbatasan langsung dengan negara tetangga yakni Malaysia.

Danrindam juga menjelaskan bahwa Rindam XII/Tpr dibawah naungan Kodam XII/Tpr mempunyai tugas pokok dalam mendidik dan mencetak calon prajurit TNI AD dimana Sumber Daya Manusianya berasal dari Provinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Namun, Sambas patut berbangga karena dalam setiap pendidikan calon prajurit TNI AD baik Bintara atau Tamtama, selalu ada beberapa putra terbaik bangsa dari Kabupaten Sambas yang mengikuti pendidikan di Rindam XII/Tpr.

“Dalam pendidikan militer yang diselenggarakan di Rindam XII/Tpr baik di Secata maupun Secaba kita selalu membentuk calon prajurit yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkarakter, disiplin, loyal, setia dan selalu siap mengabdikan dirinya kepada bangsa dan negara. Beberapa diantara mereka tentunya adalah putra-putra Bapak Ibu sekalian yakni putra terbaik bangsa dari Kabupaten Sambas,” imbuh Danrindam.

Lebih lanjut, Danrindam menambahkan bahwa Rindam XII/Tpr membawahi 5 satuan pendidikan dimana salah satunya adalah Satdik Dodik Bela Negara. Tak jarang juga beberapa instansi baik dari pemerintahan, organisasi masyarakat dan lembaga pendidikan dari Kabupaten Sambas yang mengikuti latihan bela negara di Dodik Bela Negara Rindam XII/Tpr. Menurut Danrindam, hal ini mencerminkan bahwa rasa cinta tanah air dan sadar akan bela negara masyarakat Kabupaten Sambas sangat luar biasa.

(dn)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *