Sosialisasi Rehabilitasi Waduk Cipancuh Tahap II Terhadap Masa Tanam Kedua

banner 120x600
banner 468x60

BeritanyaInfo – Indramayu, Pelaksanaan acara sosialisasi rehabilitasi bendungan Cipancuh tahap II wilayah Kec. Haurgeulis-Gantar, Kabupaten Indramayu, telah direalisasikan di aula kantor Desa Haurgeulis, Kamis 24/2/2022.

Hadir dalam acara, perwakilan dinas pertanian, dinas PUPR, perwakilan Bbws Citarum provinsi Jabar dan lembaga-lembaga terkait, muspika Haurgeulis-Gantar, para Kades Kecamatan Haurgeulis-Gantar, Forum komunitas waduk Cipancuh serta para gapoktan.

banner 325x300

Jajaran lembaga dan dinas yang berkompeten bersama penerima manfaat bendungan memberikan masukan dan sanggahan, guna berlangsungnya rehab waduk dan masa tanam II.

Setelah dilakukan tanya jawab dan pembicaraan yang panjang, telah disepakati bahwa aktivitas musim tanam II th. 2022 bisa tetap dilaksanakan sampai 15 Mei 2022(periode 2), sampai tanggal 15 Mei 2022 aktivitas pelaksanaan pekerjaan di waduk bisa dilaksanakan tetapi tidak boleh mengganggu aktivitas MT(musim tanam) II.

Selanjutnya, aktivitas MT II th. 2022 berdasarkan SK Bupati no. 521.1/kep.388.DPUPR/2021 tentang penetapan pola tanam dan tata tanam MT 1(rendeng) 2021/2022, MT II(gadu).
.

Pengaturan jadual pengeringan daerah irigasi dan kemampuan penyediaan air serta ketentuan lainya di wilayah kerja dinas pekerjaan umum dan penataan ruang Kab. Indramayu dan seksi Patroli unit wil. Subang perum jasa tirta II adalah sebesar 1000 ha.

Saat dijumpai usai acara, PPK (pejabat pembuat komitmen) SDA II BBWS Citarum Provinsi Jabar, yopi maulana mengungkapkan, “target pekerjaan harus selesai Januari 2023, Kondisi urgensi waduk Cipancuh cukup tua ditandai adanya rembesan, bocoran dan longsoran, seperti kemarin 2010 dan Februari 2021 adanya longsoran sedalam 2 meter.

Masih dikatakan Yopi, ” Pekerjaan dijamin akan selesai sesuai target adanya evaluasi dan percepatan pekerjaan, tambah alat, tambah jam kerja dan menambah sdm.

“Kualitas pekerjaan akan terus ada pengawasan dan apabila tidak sesuai spek akan dibongkar atau adanya evaluasi”, ungkap Yovi.

Sementara salahsaru pengurus FKW(forum komunitas waduk) Cipancuh, khusin menegaskan, ” Kami akan meng kawal bersama-sama rehabilitas waduk Cipancuh guna benar-benar mempunyai banyak manfaat khususnya petani,” tegas khusin. (Caya).

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *