Pemdes Tegaltaman Laksanakan Mapag Sri, Bentuk Rasa Syukur

banner 120x600
banner 468x60

BeritanyaInfo – Indramayu, Pemerintah desa Tegaltaman Kecamatan Sukra, Kabupaten Indramayu, bersama warga melakukan upacara Mapag Sri menggelar seni wayang kulit di halaman kantor desa, 26/3/2022.

Kepala Desa Tegaltaman, Makrus Hadi menuturkan, “kegiatan menggelar upacara Mapag Sri ini, sebagai ungkapan rasa syukur saat menyambut panen raya di tahun ini.” tutur Kuwu Makrus hadi.

banner 325x300

Kuwu Makrus hadi memaparkan, “tradisi dan budaya yang turun temurun dari nenek moyang, untuk memulai musim panen rendeng selalu di lakukan syukuran “Mapag Sri” dengan harapan hasil panen bisa membawa berkah bagi seluruh petani, ritual Mapag Sri yang dilakukan petani dengan cara mengambil ratusan tangkai padi di satu petak sawah yang kondisi tanamannya cukup bagus, Sebelum padi dipetik petani terlebih dulu membuat sesajen berupa tumpeng yang dibagian atasnya terdapat telur ayam kampung, bubur manis dan asin, aneka kue serta minuman berupa air kopi, bajigur dan kelapa muda. Ketika sesajen di simpan petani terlebih dulu membaca ritual memohon agar hasil panen banyak dan membawa berkah, setelah ritual selesai, kemudian ditandu oleh beberapa orang warga secara bergantian dan menuju tempat masyarakat berkumpul untuk makan bersama,” papar Kuwu Makrus.

Dia menambahkan, “Wasiat Orang tua dahulu, Padi adalah sri yang harus diperlakukan dengan sangat istimewa, bila perlakuan terhadap sri ini tidak baik maka sri (padi) akan kecewa dan pergi, yang berimbas hasil panennya biasanya akan jelek,” kata Kuwu Makrus.

Sedangkan Camat Sukra, Dadang mengungkapka, ” tradisi yang telah dilakukan warga Tegaltaman , harus terus pertahankan sebagai nilai budaya dan tradisi peninggalan nenek moyang kita.

Karena syukuran Mapag Sri sebuah budaya yang harus tetap lestari, bahkan tradisi mapag sri ini bisa menjadi sebuah destinasi wisata lokal maupun manca negara, karena mungkin di tempat lain tidak dilakukan, kalaupun dilakukan caranya berbeda-beda, semoga kedepan hasil panen lebih melimpah,” ungkap Camat Dadang. (Uri damuri)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *