Ads  

Puskesmas Kedokanbunder, Satu Tahun Dokmaru Tangani 27 Laporan

banner 120x600
banner 468x60

BeritanyaInfo – Indramayu, Sejak diluncurkan setahun yang lalu, 10 Program Unggulan Bupati Nina Agustina Da’i Bachtiar telah banyak dirasakan manfaatnya. Salah satu program yang paling banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat kurang mampu adalah program Dokter Masuk Rumah (Dokmaru). Tidak terkecuali oleh masyarakat Kecamatan Kedokanbunder Kabupaten Indramayu.

Program Dokmaru Puskesmas Kedokanbunder dalam satu tahun ini telah menerima dan menangani 27 aduan dari masyarakat. 

banner 325x300

Kepala Puskesmas Kedokanbunder, dr Sumiyati menjelaskan, sejak diluncurkan pada tanggal 9 Maret 2021 sampai dengan 9 Maret 2022, Puskesmas Kedokanbunder berhasil menangani 27 laporan yang masuk Dokmaru.

Dari 27 laporan tersebut, pada tahun 2021 sebanyak 26 laporan Dokmaru dan pada tahun 2022 baru 1 laporan. Sementara berdasarkan kategorinya dari 27 laporan tersebut sebanyak 5 laporan masuk kategori emergency dan 22 laporan non emergency. Dari 27 laporan tersebut sebanyak 4 laporan/kasus dilakukan rujukan ke rumah sakit.

Sumiyati menambahkan, laporan dokmaru yang masuk ke Puskesmas Kedokanbunder merupakan tindaklanjuti dari PSC 119 dan non PSC 119.

“Untuk laporan dari PSC 119 kita terima data dari Dinkes, sedangkan non PSC 119 merupakan tindak lanjut dari Call Center di Puskesmas ataupun laporan langsung dari masyarakat atau pemerintah desa,” kata Sumiyati, Rabu (9/3/2022) di ruang kerjanya.

Sementara itu Camat Kedokanbunder Atang Suwandi mengatakan, kehadiran Dokmaru yang merupakan program unggulan dari Pemkab Indramayu dibawah kepemimpinan Bupati Nina Agustina Da’i Bachtiar ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kecamatan Kedokanbunder. Program Dokmaru dapat menghadirkan pemerintah terutama tenaga kesehatan (dokter) ke rumah pasien.

“Dokmaru sangat dirasakan manfaatnya terutama bagi mereka yang tengah sakit dan dari kalangan yang tidak mampu. Kehadiran dokter di rumah dirasa sangat membantu mereka,” tegas Atang.

Atang menegaskan, berbagai program unggulan terus dimaksimalkan dengan berbagai pihak agar tujuan untuk mewujudkan Kecamatan Kedokanbunder Hebat menuju Indramayu Bermartabat bisa terlaksana. (Caya)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *