Pemda Indramayu Gelar Ragam Olahan Makanan Tanpa Minyak

banner 120x600
banner 468x60

BeritanyaInfo – Indramayu, Kelangkaan dan mahalnya harga minyak goreng dipasaran telah membuat resah banyak masyarakat Indramayu, maka tindakan yang bijaksana adalah mengurangi penggunaan minyak goreng itu sendiri.

Untuk mengkampanyekan pengolahan makanan tanpa minyak goreng, Pemerintah Kabupaten Indramayu menggelar Festival Kuliner Olahan Makanan Tanpa Minyak. Kegiatan ini juga bertujuan mengedukasi masyarakat untuk mengurangi makanan yang digoreng.

banner 325x300

Ragam olahan makanan tanpa minyak hadir di Pendopo Indramayu pada Jum’at (1/4/2022). Sejumlah makanan khas Indramayu dihidangkan dengan cara dikukus, direbus, dipepes sampai dibakar yang diikuti para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Kabupaten Indramayu.

Festival ini dibuka langsung Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar. Dalam sambutannya Bupati Nina mengatakan, Kabupaten Indramayu adalah kabupaten yang kaya akan Sumber Daya Alam (SDA) dan budayanya. Indramayu mempunyai ragam ciri khas salah satunya keanekaragaman kuliner yang banyak diolah tanpa menggunakan minyak goreng.

“Salah satunya Indramayu memiliki garis pantai yang panjang ini pastinya banyak ikan yang bisa dimasak tidak menggunakan minyak goreng, tetapi dikukus dan dipepes,” katanya.

Dijelaskannya, Festival ini dilakukan guna menyikapi situasi kelangkaan minyak goreng secara nasional, sekaligus mempromosikan makanan khas Indramayu tanpa minyak goreng dan meningkatkan partisipasi dan kreativitas para UMKM di Kabupaten Indramayu.

Ketua Pelaksana Festival Ririen Oce Iskandar mengatakan Festifal ini diikuti oleh 52 UMKM se-Kabupaten Indramayu yang masing-masing mengikuti 1 kategori dari 3 kategori yang dilombakan yaitu makanan pembuka, makanan utama, dan makanan penutup.

Untuk masing-masing kategori, disediakan hadiah dari Bupati Indramayu dan sponsor untuk juara 1, 2, dan 3, serta ada juga doorprize berupa sepeda motor, kulkas, televisi dan lainnya.

Selain Festival Kuliner, di tempat yang sama juga diselenggarakan bazar olahan makanan tanpa minyak yang diikuti oleh 19 instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Indramayu. (Wien***)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *