gugat jokowi

Samsat Haurgeulis Jelaskan Tentang PBBKB, Bagus: Kita Croschek Dengan SPBU

banner 120x600
banner 400x130

BeritanyaInfo – Indramayu, Pengertian Pajak Atas Bahan Bakar Kendaraan yaitu semua jenis bahan bakar cair atau gas yang digunakan untuk kendaraan bermotor.

Pemungutan PBBKB diatur dalam UU No 34 Tahun 2000 yang telah direvisi menjadi UU Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah (PDRD).

banner 325x300

Penerapan aturan PBBKB yang baru merupakan kebijakan yang diperkiraan berdampak terhadap APBN dan APBD.

Formula perhitungan subsidi BBM, penentuan besarnya subsidi yang dibayarkan pemerintah terhadap Pertamina dihitung berdasarkan sebagai berikut: subsidi BBM [(harga patokan – (harga jual eceran BBM – pajak)] x volume.

Menurut Bagus Kabag Humas Samsat Haurgeulis kepada BeritanyaInfo, kamis 14/04/2022,” besarnya PBBKB yang dikenakan pada setiap liter bahan bakar yang dikonsumsi oleh masyarakat adalah sebesar 5 persen dari nilai jual sebelum pajaknya,” jelasnya

Bagus menambahkan,” Ini berarti dari setiap liter BBM yang dibeli oleh masyarakat, pemerintah daerah mendapat 5 persen penerimaan PBBKB dan untuk PBBKB Samsat Haurgeulis hanya melakukan croschek data dengan SPBU yang ada di wilayah Samsat masing – masing ,” tutupnya.

Untuk wilayah Provinsi Jawa Barat sendiri diatur dalam “Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor 13 Tahun 2011”.

Sementara itu, besarnya tarif PBBKB berdasarkan UU Nomor 28 Tahun 2009 paling tinggi sebesar 10 persen. Pengaturan lebih lanjut dilakukan terhadap kendaraan umum dengan tarif sedikit 50 persen lebih rendah dari tarif PBBKB untuk kendaraan pribadi. (Wien)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *