Atasi Masalah Sampah, Kadis DLH Kota Ternate Bakal Berkolaborasi Lintas Sektor dan Elemen

BeritanyaInfo, Kota Ternate – Setelah dilantik oleh Walikota Ternate sebagai Kepala Dinas (Kadis) Lingkungan Hidup, (7/2/2024), Muhammad Syafei Baay, S.T, M.T berkomitmen menyelesaikan kisruh persoalan sampah yang tak kunjung usai.

Syafei yang sebelumnya adalah Kepala Dinas Perkim Kota Ternate bakal melakukan kolaborasi lintas sektor atau dengan segenap instansi baik horisontal maupun vertikal.

Tak sebatas itu, DLH secara kelembagaan menurutnya siap membangun kerjasama dengan jajaran pemerintah kelurahan yang ada di Kota Ternate.

” Penanganan sampah itu bukan hanya dinegasikan tanggungjawabnya ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Kita bakal kerjasama dengan seluruh pemerintah kelurahan bahkan elemen-elemen yang ada di kelurahan mulai dari RT/RW, Organisasi Kepemudaan, PKK bahkan Pengurus Masjid dan Gereja. Elemen-elemen ini akan kita berdayakan dalam program penanganan sampah di lingkungan atau kelurahan ” ucapnya saat diwawancarai awak media ini, (8/2/2024).

Alasan pelibatan elemen-elemen tersebut menurut Syafei, karena merekalah yang menikmati bahkan mendapatkan dampak dari persoalan sampah.

Selain upaya kolaborasi kerjasama dengan lintas instansi dan elemen, terkait pendekatan pelayanan, Ia berjanji bakal meningkatkan sarana prasarana baik di TPA, lingkungan termasuk sentra-sentra ekonomi publik. Bahkan, Syafei menyebutkan keberadaan armada angkutan yang ada perlu diinventarisir sesuai kebutuhan.

Selain itu pula, Ia berjanji akan mengevaluasi terkait retribusi sampah. PLT. Direktur Perumda Ake Gaale Kota Ternate ini menyebutkan, pembayaran retribusi sampah selama ini melalui Perumda Ake Gaale.

” Dalam sebulan itu ada kurang lebih Rp.300 juta retribusi sampah yang terbayarkan. Dalam hitung hitungan saya bisa dikatakan baru separuh dari penduduk Kota Ternate yang membayar retribusi sampah. Padahal pelayanan persampahan itu seluruh masyarakat ” ujarnya.

” Intinya evaluasi terkait retribusi sampah nanti adalah untuk memenuhi target pendapatan ” tutupnya. (ATENG)

gugat jokowi

gugat jokowi