Cegah Penyakit Menular Seksual, Puskesmas Lohbener Lakukan Layanan Mobile VCT

BeritanyaInfo, Indramayu – Sejumlah pengunjung dan pelayan tempat hiburan malam di wilayah hukum Kecamatan Lohbener Kabupaten Indramayu peroleh layanan Voluntary Counseling and Testing (VCT) Mobile pada Senin malam (16/1/2023).

Layanan VCT Mobile yang dilakukan Pusat Layanan Masyarakat (Puskemas) Lohbener bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan Lohbener ini bertujuan mencegah penyebaran dan penularan penyakit menular seksual (PMS).

Kepala Puskesmas Lohbener dr. Andri mengatakan, pihaknya mengupayakan akselerasi penemuan kasus Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) yang diakibatkan oleh hubungan seksual yang tidak aman.

“VCT Mobile adalah kegiatan pencarian atau penemuan penderita HIV/AIDS secara mobile/keliling yang menyasar ke sasaran kelompok berisiko tinggi,” katanya saat dikonfirmasi Diskominfo Indramayu, Selasa (17/1/2023).

Kegiatan VCT Mobile merupakan pintu masuk penting untuk pencegahan dan perawatan HIV maupun AIDS yang disebabkan oleh hubungan seksual yang tidak aman.

“Kegiatan VCT Mobile lebih kearah menjemput bola. Dengan adanya VCT Mobile diharapkan dapat menurunkan angka kesakitan dan mencegah penularan HIV/AIDS di Kecamatan Lohbener,” ujarnya.

Sementara itu Camat Lohbener Edy Wahyono menjelaskan, operasi mobile pemberantasan PMS ini akan dilakukan secara rutin dan berkelanjutan.

Hal ini sebagai upaya untuk meminimalisir penyakit masyarakat serta menjawab keluhan masyarakat terhadap keberadaan tempat hiburan malam.

“Operasi ini akan kami laksanakan secara rutin. Ini juga sekaligus menjadi peringatan kepada masyarakat bahwa tempat hiburan malam tidaklah aman dari suburnya penularan PMS,” tandasnya. (Wien***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

gugat jokowi

gugat jokowi