Dampingi Kunker Spesifik Anggota DPR RI Dapil VII, Bupati Nina Agustina: “Sejarah, Embarkasi Haji Indramayu Resmi Beroperasi”

BeritanyaInfo, Indramayu — Bupati Indramayu Nina Agustina mendampingi Kunjungan Kerja (Kunker) Spesifik Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Indramayu Dapil VIII ke Embarkasi Haji Indramayu, Ahad (28/5/2023).

Dalam kunker spesifik Embarkasi Haji Indramayu ini juga dihadiri Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI Dr. H. Zainut Tauhid, Kanwil Kemenag Jawa Barat, Forkopimda Indramayu dan tamu undangan lainnya.

Bupati Nina Agustina bersama Anggota DPR RI Komisi VIII, Kemenag RI dan rombongan lainnya melihat sejumlah fasilitas Embarkasi Haji Indramayu.

Selain itu Bupati Indramayu Nina Agustina turut menyampaikan sambutan pada pelepasan Calon Jamaah Haji (Calhaj) Kloter Pertama dari Embarkasi Haji Indramayu menuju Bandara Kertajati Majalengka untuk bertolak ke tanah suci Mekkah.

Dikatakan Bupati Indramayu Nina Agustina, beroperasinya Embarkasi Haji Indramayu menjadi catatan sejarah, karena setelah melalui tahapan panjang akhirnya bisa digunakan untuk pemberangkatan haji.

“Hari ini merupakan bersejarah karena Embarkasi Haji Indramayu pertama kali digunakan para calon jamaah haji,” katanya.

Terlebih menjadi kebahagiaan Bupati Indramayu Nina Agustina, karena keberadaan Embarkasi haji sangatlah prestisius yang di mana menjadi rebutan antar kabupaten/kota tetangga.

Namun dengan keseriusan Pemerintah Kabupaten Indramayu akhirnya Embarkasi Haji secara resmi berdiri dan beroperasi di Kota Mangga untuk warga Jawa Barat.

“Hari ini menjadi kebahagiaan kita semua, karena setelah penantian panjang. Akhirnya Embarkasi kebanggaan warga Jawa Barat terutama kebanggaan Kabupaten Indramayu mulai dioperasikan,” tambahnya.

Bupati Nina Agustina pun sangat yakin keberadaan Embarkasi Haji Indramayu akan memberikan dampak positif bagi pemerintah, masyarakat maupun calon jamaah haji.

Terutama ungkap Bupati Indramayu Nina, keberadaan Embarkasi Haji Indramayu mampu menciptakan peluang meningkatkan perekonomian masyarakat dan kemajuan daerah.

Ditambah, Pemerintah Kabupaten Indramayu telah mengusulkan adanya Tol Indramayu yang diperuntukkan untuk mempercepat pemberangkatan haji.

“Keberadaan Tol Cipali, ekosistem perkonomian wilayah Pantura tersendat atau mati. Maka apabila saat ini ada Embarkasi Haji Indramayu tentunya akan ramai saat ini. Insya Allah kami telah memohon kepada Kementerian PUPR mengajukan pembangunan jalan tol. Jadi nanti mencakup wilayah 3 untuk pemberangkatan calon jamaah haji menuju bandara lebih cepat lagi,” lanjut Bupati Nina.

Pada kesempatan ini Bupati Indramayu Nina Agustina menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Indramayu telah menghibahkan tanah seluas 7,8 hektare untuk Embarkasi Haji pada Tahun 2019.

Sementara pada tahun 2022 dilakukan pembebasan tanah seluas 1,9 Hektare dan saat ini masih proses sertifikasi. Kemudian direncanakan pada perubahan anggaran 2023 akan diusulkan kembali 3 Hektare.

“Jadi total hibah yang diberikan Pemerintah Kabupaten Indramayu untuk Embarkasi Haji yaitu seluas 12 Hektare. Selanjutnya untuk total jamaah haji asal Kabupaten Indramayu berjumlah 1.786 orang dan akan diberangkatkan mulai Senin 29 Mei 2023,” pungkasnya.

Pemerintah Kabupaten Indramayu pun akan mendukung untuk menunjang sejumlah fasilitas di Embarkasi Indramayu, semisalnya pasokan air bersih dari PDAM Indramayu untuk kebutuhan para calhaj yang singgah sementara. (Wien***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

gugat jokowi

gugat jokowi