Dinas Kesehatan Kota Ternate Gelar Rapat Forum Komunikasi Germas

BeritanyaInfo, Kota Ternate – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ternate pagi tadi ( Kamis, 12/10/2023), bertempat di Muara Hotel Ternate menggelar Rapat Forum Komunikasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Kota Ternate Tahun 2023.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Ternate, dr.Fathiyah Suma, M.Kes, dihadiri oleh sejumlah pimpinan OPD, para Camat, Lurah, Ketua-ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan, para Babinsa dan Babinkamtibmas dari sejumlah kelurahan yang ada dalam Kota Ternate.

Kegiatan ini adalah tindak lanjut atau implementasi dari Surat Keputusan (SK) Walikota Ternate Nomor 190 Tahun 2022 tentang Forum Komunikasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Kota Ternate.

Fokus kegiatan ini adalah untuk melihat kembali kerja-kerja secara sistematis dan terencana yang telah terbangun, merujuk ke Intruksi Walikota Nomor 1 Tahun 2017 tentang Germas.

Selain itu melalui Rapat Forum Komunikasi ini dimaksudkan untuk menguatkan peran dan kolaborasi lintas sektor baik dari pemerintah, swasta, akademisi, dunia usaha termasuk seluruh komponen masyarakat untuk menyelaraskan Germas sampai ke tatanan atau unit terkecil yakni rumah tangga atau keluarga.

Diwawancarai awak media ini (Kamis, 12/10/2023), Kepala Dinas Kesehatan Kota Ternate, dr.Fathiyah Suma, M.Kes, menyebutkan, target kegiatan Rapat Forum Komunikasi Germas ini adalah Germas bisa terlaksana dengan semua komponen-komponen yang ada dengan tetap mengedepankan pola prilaku hidup sehat seperti melakukan aktivitas fisik, konsumsi pangan sehat, penetapan kawasan tanpa rokok serta melakukan deteksi dini untuk beberapa penyakit tidak menular.

” Melalui Forum ini pula, kita mau menyelaraskan Germas yang implementasinya sampai ke OPD tekhnis. Misalnya untuk melakukan aktivitas fisik sehari itu idealnya butuh waktu 15 – 30 menit. Ini belum terlaksana di beberapa OPD. Selain itu setiap Kecamatan harus ditetapkan satu atau dua kelurahan sebagai Kampung Germas ” ungkap Fathiyah yang di temui usai pemaparan materi.

Selaras dengan Kadinkes, Kabid Kesmas, Dinkes Kota Ternate, Asna Hamid, SKM, ketika diwawancarai awak media ini usai kegiatan, menyebutkan, pertemuan lintas sektor dalam Rapat Forum Komunikasi Germas ini adalah untuk menguatkan kolaborasi lintas sektor. Dengan penguatan kolaborasi ini, menurut Asna akan berdampak lebih efektif pada kelurahan yang ditetapkan menjadi Kampung Germas.

” Kelurahan – kelurahan yang ditetapkan sebagai Kampung Germas adalah, untuk Kecamatan Ternate Barat, ditetapkan Kelurahan Lotto, Kecamatan Ternate Utara adalah Kelurahan Soa Sio dan Sango, Ternate Tengah adalah Kelurahan Kota baru dan Marikurubu, Ternate Selatan adalah Kelurahan Kayu Merah dan Ngade. Untuk Kecamatan Pulau Ternate belum diusulkan.

Ia menyebutkan, setelah ditetapkan sebagai Kampung Germas untuk masing-masing kelurahan tersebut, Dinas Kesehatan akan fokus melakukan pendampingan secara intens. Harapannya, kelurahan yang menjadi locus Germas bisa mampu mengimplementasi Germas sehingga bisa pula berimbas dan menjadi replikasi untuk kelurahan lainnya. Intinya menurut Asna, kelurahan yang ditetapkan sebagai Kampung Germas bisa menjadi pilot project untuk kelurahan lainnya yang bukan locus Germas. (ATENG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

gugat jokowi

gugat jokowi