Diskominfo Indramayu Jadi Narasumber Dalam Kegiatan Musrenbang Kecamatan Widasari

BeritanyaInfo, Indramayu – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Indramayu menjadi narasumber dalam kegiatan musrenbang tingkat kecamatan yang digelar oleh Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Widasari di Aula Kantor Kecamatan Widasari, Kamis (23/2/2023).

Sekretaris Diskominfo Kabupaten Indramayu, Iman Hadirokhman memaparkan terkait dengan rencana kerja Diskominfo Indramayu, yang mana misi dari Diskominfo masuk dalam misi pertama Kabupaten Indramayu yakni meningkatkan Efektifitas Tata Kelola Pemerintahan yang Bersih, Melayani, Melindungi, Transparan, Akuntabel, Profesional serta bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme. Dengan kata kunci Perwujudan Reformasi Birokrasi.

Selain itu, dijelaskan Iman, dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya, Diskominfo Indramayu memiliki tiga bidang yakni Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang membidangi perumusan dan pelaksanaan kebijakan teknis di bidang pengelolaan infrastruktur teknologi informasi, tata kelola e-government dan pengembangan aplikasi, serta layanan informasi dan komunikasi elektronik.

Kedua, Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) yang membidangi perumusan dan pelaksanaan kebijakan teknis di bidang pengelolaan dan kemitraan informasi dan komunikasi publik, serta hubungan masyarakat.

Ketiga, Bidang Statistik dan Persandian yang membidangi perumusan dan pelaksanaan kebijakan teknis di bidang survei, pengumpulan dan pengolahan data statistik sektoral, analisis data pembangunan, penyusunan kompilasi produk statistik sektoral, serta persandian untuk pengamanan informasi.

“Sesuai tupoksinya, terdapat 3 bidang yang ada di Diskominfo Indramayu,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Iman menerangkan, terdapat beberapa program unggulan yang diampu oleh Diskominfo Indramayu, diantaranya yakni terkait dengan SmartCity, Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Satu Data Indonesia (SDI), Sertifikat Elektronik (SE), serta Indramayu Cepat Tanggap (I-CETA).

Sementara itu, Kepala Bidang TIK Diskominfo Indramayu, Anri Heriyanto menyampaikan, masyarakat dapat senantiasa memanfaatkan layanan I-CETA yang merupakan layanan cepat tanggap yang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu yang ditujukan dalam penanganan permasalahan kemanusiaan, kedaruratan serta pengaduan layanan perangkat daerah di Kabupaten Indramayu.

Anri menambahkan, dengan adanya layanan ini, masyarakat diberikan kemudahan dalam menyampaikan aduannya, sehingga pihak terkait dapat segera memberikan tindak lanjut secara tepat sesuai dengan laporan yang disampaikan oleh masyarakat.

“Silakan bapak dan ibu manfaatkan layanan I-CETA semaksimal mungkin dalam menginformasikan keluhan atau masalahnya terkait dengan layanan yang disediakan oleh perangkat daerah,” tambahnya.

Dalam kegiatan musrenbang tersebut turut hadir pula, Kepala Bidang Statistik dan Persandian Subkoordinator Tata Kelola E-Government dan Pengembangan Aplikasi, Heru Susanto, Perencana Ahli Muda, Zaenah, Analis Penerapan Aplikasi dan Konten Indra Heryadi, jajaran staf sekretariat dan bidang IKP Diskominfo Indramayu. (Ayoe***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

gugat jokowi

gugat jokowi