DPPKB Kota Ternate Gelar Pelayanan KB Gratis

BeritanyaInfo, Kota Ternate – Momentum Hari Kontrasepsi Sedunia Tahun 2023, Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Ternate menggelar pelayanan KB gratis ke semua fasilitas kesehatan yakni Puskesmas pemerintah maupun swasta yang ada dalam Kota Ternate.

Selain itu, pelayanan ke titik titik tertentu di beberapa kecamatan dalam wilayah Kota Ternate. Pelayanan di masing-masing kecamatan tersebut meliputi, Kecamatan Ternate Utara dipusatkan di Klinik Andalan. Kecamatan Ternate Tengah dipusatkan di Kelurahan Kampung Makassar Barat, Kecamatan Ternate Selatan di Klinik Raudah, Kelurahan Perumnas Jati. Sedangkan untuk Kecamatan Pulau Ternate dipusatkan di Puskesmas Jambula dan Ternate Barat di Pustu Kelurahan Takome.

Diwawancarai awak media ini, (Selasa, 26/9/2023), salah satu pejabat fungsional Bidang KB Dinas DPPKB Kota Ternate, menyebutkan, personil yang dilibatkan dalam kegiatan pelayanan KB gratis adalah Bidan-Bidan Kelurahan yang ada dalam wilayah masing-masing ditambah tenaga PLKB serta kaders KB.

“Masing-masing Kabupaten/Kota diberi target oleh DPPKB Provinsi. Untuk Kota Ternate, peserta yang bakal nanti terlayani sesuai target adalah 1005 peserta. Peserta sebanyak itu dibagi berdasarkan penggunaan alat kontrasepsi berupa IUD, Implan, Pil, Suntik, Kondom dan Metode Operasi Wanita (MOW) ” ungkap pejabat fungsional Bidang KB tersebut.

Kegiatan pelayanan KB Gratis yang digelar pada 26 September hingga 4 Oktober 2023 nanti, tujuannya adalah menurunkan Am Neet Need, meningkatkan pencapaian peserta KB baik peserta baru maupun lama. Selain itu, pelayanan ini juga dalam rangka mencegah drop out.

Diharapkan, kegiatan pelayanan KB Gratis yang pembiayaannya bersumber dari biaya operasional KB, semua pesertanya dapat terlayani secara baik.

Kadis DPPKB Kota Ternate, Rajman, SKM.M.Kes, saat dikonfirmasi awak media ini, berharap melalui kegiatan ini masyarakat Kota Ternate lebih antusias untuk berpartisipasi sehingga target yang ditetapkan bisa di capai. (KOKO ATENG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

gugat jokowi

gugat jokowi