Dukung Perencanaan Pembangunan Daerah, Pemcam Patrol Gelar Musrenbang Tingkat Kecamatan

BeritanyaInfo, Indramayu – Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Patrol menggelar kegiatan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan sebagai bentuk dukungan terhadap rencana kerja pemerintah daerah guna perencanaan pembangunan.

Bertempat di Aula Kantor Kecamatan Patrol, Senin (20/2/2023), digelarnya musrenbang merupakan salah satu wadah untuk merencanakan pembangunan, di mana musrenbang dilaksanakan guna menyusun rencana anggaran dan kegiatan pada tahun berikutnya yang digelar setiap tahun. Hal tersebut mengacu pada Peraturan Daerah Kabupaten Indramayu No 5 Tahun 2006 tentang Pedoman Penyusunan Perencanaan Pembangunan Daerah.

“Kegiatan musrenbang memiliki dinamika yang sangat dinamis, karena masing-masing unsur saling memberikan masukan, namun demikian dari berbagai usulan tersebut memiliki tujuan yang sama yakni memajukan daerah,” ungkap Camat Patrol, Rusyad Nurdin.

Rusyad Nurdin menjelaskan, peserta musrenbang sangat antusias dalam mengikuti kegiatan, terlihat dari berbagai masukan dan usulan yang diungkapkan guna membahas usulan dalam pembangunan desa.

“Alhamdulillah, diskusi dalam musrenbang ini cukup aktif sehingga berbagai unsur dapat senantiasa memberikan usulan guna kemajuan daerahnya,” jelasnya.

Namun demikian, Rusyad menerangkan, demi terlaksananya program pembangunan secara optimal maka dari berbagai usulan yang diajukan tersebut dilakukan penyaringan berdasarkan skala prioritas, yang mana dari 48 usulan yang berasal dari 8 desa di Kecamatan Patrol, terdapat 22 usulan yang disepakati menjadi prioritas perencanaan pembangunan yang selanjutnya akan diusulkan dalam musrenbang tingkat kabupaten.

“Skala prioritas ini bertujuan guna optimalisasi ketercapaian program pembangunan serta menyelaraskan dengan alokasi anggaran,” terangnya.

Rusyad berharap, melalui kegiatan musrenbang ini usulan yang telah disepakati menjadi prioritas dapat terealisasikan sehingga harapan masyarakat terhadap program pembangunan di wilayahnya dapat terwujud.

“Semoga usulan dari masyarakat ini dapat terealisasi sehingga program yang menjadi kebutuhan masyarakat selama ini dapat terakomodir,” pungkasnya.

Dalam kegiatan musrenbang tersebut turut dihadiri Sekretaris Kecamatan Patrol, Bagus Asep Trisnadi, Kapolsek Patrol, Kompol Sunardi, Danramil 1614 Anjatan, Kapten Inf. Dadang, Kuwu dan Ketua TP. PKK Kecamatan dan Desa se-Kecamatan Patrol, Kepala UPTD se-Kecamatan Patrol, serta Ketua BPD, Ketua LPM, Ketua Karang Taruna, Ketua MUI dan tokoh masyarakat dari masing-masing desa. (Gani***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

gugat jokowi

gugat jokowi