Ini Alasan Gedung RSUD Kota Ternate Harus Direlokasi

BeritanyaInfo, Kota Ternate – Gedung Rumah Sakit Umum Daerah Kota Ternate yang sebelumnya berdomisili di Kelurahan Stadion Kecamatan Ternate Tengah atau menempati eks gedung Puskesmas Kota, saat ini telah direlokasi ke Kelurahan Kalumpang. RSUD Kota Ternate saat ini menggunakan eks gedung Diabetes Melitus (DM) Center dan gedung poned yang digunakan sebagai gedung rawat inap.

Keberadaan eks gedung DM Center yang bersebelahan dengan Puskesmas Kalumpang yang saat ini dijadikan sebagai gedung RSUD Kota Ternate bukanlah langkah finalisasi terkait penetapan sarana dan prasarana otonom RSUD.

Relokasi gedung yang dilakukan pada Juni 2023 kemarin adalah semata-mata untuk memenuhi keberlanjutan RS dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Diwawancarai awak media ini, (Jum’at, 8/9/2023, Direktur utama RSD Kota Ternate, dr.Muhammad Sagaf, mengungkapkan, terkait pembangunan RSUD Kota Ternate, Pemkot sesungguhnya punya rencana jangka panjang dan itu disesuaikan dengan konsep perencanaan Rumah Sakit.

” Mengingat Rumah Sakit ini sudah ada, maka harus dilanjutkan, bukan sebaliknya harus ditiadakan. Gedung yang dipakai ini hanyalah untuk sementara. Ini adalah lahan milik Puskesmas Kalumpang. Atas inisiasi Pemkot, RSUD ini harus tetap eksis, dengan begitu Pemkot mengambil langkah memfungsikan kembali gedung eks DM Center serta gedung poned yang ada di belakangnya sebagai gedung rawat inap ” jelas Dirut.

Menurutnya, eks gedung DM yang ditempati saat ini cukup representatif dalam menunjang efektivitas pelayanan, sekalipun masih butuh sejumlah perbaikan.

” Sekalipun berdekatan dengan Puskesmas, itu tidak menjadi masalah, yang penting pelayanan tetap jalan. Luas gedung juga sangat mendukung terutama akses masuk. Disamping itu, keberadaan gedung poned yang berada di belakang, difungsikan full rawat inap, sangat membantu pelayanan ” ujarnya.

Direktur Utama RSUD Kota Ternate ini juga mengungkapkan, pihaknya sementara masih dalam proses kajian terkait rencana difungsikannya pelayanan 24 jam. Pihaknya juga masih menunggu Revisitasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara.

” Setelah keluar ijin operasional, kita bakal menyiapkan tenaga kesehatan yang disesuaikan dengan kebutuhan ” tukasnya.

Adapun pelayanan yang disiapkan,RSUD akan membuka Poliklinik spesialis antara lain Obgyn,anak,penyakit dalam,bedah dan spesialis dokter gigi

Untuk peningkatan pelayanan, RSUD Kota Ternate saat ini memiliki inovasi yakni inovasi pelayanan psikologi klinis dan inovasi untuk pengobatan ramah penderita Diabetes Melitus (DM).

Terkait inovasi pelayanan DM, Pasien DM tetap dilayani di RSUD Kota Ternate, sekalipun DM Center telah dimerger. Kami infokan bahwa Penderita DM yang ada di Kota Ternate, dapat mengakses pelayanan pengobatan di RSUD Kota Ternate. (KOKO ATENG.)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

gugat jokowi

gugat jokowi