Kanit Binmas Polsek Sindang Berikan Amanat Upacara Senin di SMPN 3 Sindang Indramayu

BeritanyaInfo, Indramayu – 4/9/2023 Pada hari Senin, 4 September 2023 diselenggarakan upacara bendera di lapangan sekolah SMPN 3 Sindang Indramayu. Pembina upacara kali ini adalah Kanit Binmas Polsek Kecamatan Sindang.

Peserta upacara adalah seluruh peserta didik kelas VII , VIII dan IX serta tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Dalam bukunya berjudul ” Asal Usul dan Sejarah Bendera Merah Putih”, Mega Purnama menjelaskan, sejarah pelaksanaan upacara bendera diawal peperangan antara tentara Jaya katwang dan Kertanegara pada 1292 dengan pengibaran bendera merah putih.

Di awal abad ke-XX, bendera merah putih kembali muncul saat para pelajar nasionalis demonstrasi menentang Belanda. Jepang menjajah Indonesia pada 1940 dan secara bersamaan mengusir Belanda dari wilayah Indonesia. Sejarah pelaksanaan upacara bendera bersambung dengan dilaksanakannya proklamasi kemerdekaan Indonesia oleh Soekarno pada 17 Agustus 1945 atas kekalahan Jepang.

Pelaksanaan upacara bendera pada pagi hari setiap Senin sudah menjadi kebijakan resmi dari pemerintah. Hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) RI Nomor 22 Tahun 2010 tentang Pedoman Upacara Bendera di Sekolah. Dalam aturan tersebut disebutkan, selain Senin, upacara bendera juga wajib dilaksanakan untuk memeringati hari besar nasional.

Dalam peraturan tersebut, tujuan utama dari pelaksanaan upacara bendera di sekolah adalah salah satu upaya untuk mewujudkan tujuan pendidikan. Adapun tujuan pendidikan itu mencakup nilai-nilai penanaman sikap disiplin, kerja sama, rasa percaya diri, dan tanggung jawab. “Sehingga, mendorong lahirnya sikap cinta tanah air di kalangan peserta didik,” demikian bunyi Permendikbud itu.

Upacara bendera setiap hari Senin juga merupakan kegiatan wajib yang harus dilaksanakan oleh seluruh sekolah, baik sekolah negeri maupun swasta. Kewajiban ini berdasarkan Permendikbud RI Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti (PBP).Upacara Bendera hari Senin mempunyai manfaat yang sangat baik bagi upaya penumbuhan budi pekerti dan karakter bangsa, terutama nilai-nilai kebangsaan dan kebhinekaan.

Nilai-nilai tersebut terkandung di dalam setiap urutan kegiatan/tata upacara bendera. Nilai-nilai tersebut diantaranya adalah nilai kedisiplinan, kepemimpinan, kerja sama dan kekompakan, kekuatan fisik dan mental, patriotisme (kepahlawanan) dan lain sebagainya.Dalam amanatnya Kanit Binmas Polsek Sindang lndramayu, Aiptu Dedi Susanto, SH. memberikan motivasi kepada seluruh peserta didik agar senantiasa disiplin mengikuti aturan sekolah dan mengikuti upacara untuk menghormati bendera negara sebagai kewajiban warga negara.

Beliau juga berpesan agar peserta didik menghindari genk motor, kelompok ompreng dan menyetop mobil truk di jalan raya karena berbahaya. Bilamana ada yang ketahuan bolos sekolah dan membawa motor di jalan akan diamankan oleh Polsek Sindang .

Kepala SMPN 3 Sindang lndramayu, Tariwan, S.Pd. MM mengatakan bahwa dirinya sangat mengapresiasi kedatangan jajaran Polsek Sindang lndramayu atas kesempatan dan kesediaannya menjadi pembina upacara di sekolah kami.

Kami sangat mengharapkan pesan-pesan untuk bekal para peserta didik dalam perilaku ketaatan disiplin di sekolah dan mematuhi ketertiban masyarakat diluar sekolah. Beliau berharap semoga kerjasama dengan Polsek Sindang lndramayu akan terus berlanjut dan lebih baik. (jaya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

gugat jokowi

gugat jokowi