Kendala Internet dan Akun Belajar, 14 SD Belum Berlakukan IKM

BeritanyaInfo, Kota Ternate – Guna memenuhi target semua sekolah jenjang pendidikan dasar (SD) di tahun 2024 memberlakukan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) menggunakan Kurikulum Merdeka (KM), Dinas Pendidikan Kota Ternate telah mengusulkan akses jaringan internet. Pengusulan ini lebih diprioritaskan di Kecamatan Pulau Batang Dua.

Diketahui, dari 112 Sekolah Dasar yang ada dalam wilayah hukum Kota Ternate, tercatat 98 sekolah telah melaksanakan IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka).

Dari jumlah tersebut, 22 sekolah memberlakukan IKM di tahun 2022 dan 69 sekolah melaksanakannya di tahun 2023. Sisanya ada 14 sekolah yang belum sama sekali melaksanakan IKM. 6 sekolah tersebut berada di Kecamatan Pulau Batang Dua dan sisanya tersebar di 8 SD berstatus swasta yang ada di Kota Ternate.

Selain kendala jaringan internet, 14 SD tersebut juga belum memiliki Akun Belajar. Padahal, untuk bisa mengakses PMM (Platform Merdeka Mengajar), sekolah tersebut harus menggunakan Akun Belajar.

Disambangi awak media ini, (Jumat, 21/7/2023), Kabid Pembinaan Sekolah Dasar, Dinas Pendidikan Kota Ternate, Nurlela H.Syarbin, M.Pd, mengatakan, IKM itu ada proses belajar secara mandiri melalui PMM. Selain itu menurutnya, Dinas Pendidikan atau sekolah-sekolah sudah melakukan ini housee training tentang IKM tersebut.

” Kami berharap kepada Guru-guru dalam KBM, senantiasa mengacu pada PMM. Dinas Pendidikan tetap memantau prosesnya, mulai dari tahapan login PMN hingga pada real action ” ujar Nurlela.

Ia menyebutkan, berdasarkan pantauan Dinas Pendidikan di sekolah pelaksana IKM Tahun 2022, sudah hampir 90 persen yang menggunakan PMM. Sementara, untuk 69 sekolah yang pelaksanaan IKM di Tahun 2023, Dinas belum bisa memantau karena baru dimulai proses IKM-nya.

Ditanya terkait upaya percepatan 14 SD yang belum menyelenggarakan IKM, Nurlela mengatakan, selain upaya pengusulan jaringan internet, Dinas Pendidikan menurut Nurlela, telah memanggil 14 Kepsek tersebut untuk percepatan penyelesaian Akun Belajar.

Ia juga berharap, proses KBM di sekolah pelaksana IKM, benar-benar menerapkan Kurikulum Mereka, kemudian melaksanakan P5-nya (Project Penguatan Profil Pelajaran Pancasila).

Terpisah, Kepala SD 08 Kota Ternate, Farida Tamima, S.Pd menyebutkan, di tahun 2023-2024, terkait PKM, SD 08 Kota Ternate di Tahun Pelajaran 2023-2024 memberlakukan IKM untuk Kelas 2 dan 5. Sebelumnya di tahun 2022-2023, IKM diberlakukan di Kelas 1 dan 4. (ATENG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

gugat jokowi

gugat jokowi