BERITA  

Kerja Sama 3 Pihak, Siapkan Kampung Sanitasi Sehat di Indramayu

BeritanyaInfo, Indramayu – Pemerintah Kabupaten Indramayu bersama Politeknik Indramayu (Polindra) dan Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) menyiapkan Kampung/Desa Sanitasi Sehat di Kabupaten Indramayu.

Kesiapan tersebut terungkap dalam audensi Ketua Umum HAKLI Prof. Dr. H. Arif Sumantri, SKM., M.Kes dengan Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina, S.H., M.H., C.R.A, Senin (10/7/2023) di Ruang Dalam Pendopo Indramayu.

Ketua Umum HAKLI Kabupaten Indramayu, Arif Sumantri menjelaskan, keberadaan kampung/desa sanitasi sehat merupakan prototype untuk dijadikan sebagai kampung dengan tata kelola sanitasi baik di Kabupaten Indramayu. Tata kelola ini mulai dari hulu hingga hilir dan mencakup berbagai indikator.

“Kampung sanitasi sehat ini, nantinya masyarakat kita libatkan hingga pemanfaatan limbah menjadi sumber air yang bisa digunakan kembali,” kata Arif.

Arif menambahkan, Kampung/Desa Sanitasi Sehat ini merupakan upaya bersama sebagai dukungan terhadap desa ODF dan percepatan penurunan stunting di Kabupaten Indramayu.

Dalam menjalankan Kampung /Desa Sanitasi Sehat, akan dilibatkan tenaga yakni bidan, perawat, dan kesehatan lingkungan untuk menjadi tenaga sanitasi lingkungan di desa masing-masing.

Sementara itu Bupati Indramayu Nina Agustina menyambut baik rencana tersebut, Kampung/Desa Sanitasi Sehat harus segera terlaksana dengan melibatkan berbagai pihak. Program ini sangat bermanfaat dan akan berdampak bagi kehidupan masyarakat terutama perilaku hidup bersih dan sehat.

Nina menambahkan, Kampung /Desa Sanitasi Sehat ini bisa dijadikan sebagai bahan edukasi kesehatan dan lingkungan bagi desa yang menjadi lokus kegiatannya.

“Alhamdulillah dukungan dari berbagai pihak untuk mendukung masyarakat Indramayu yang bermartabat terus berdatangan dari berbagai pihak. Kita tidak sabar untuk segera mewujudkan Kampung atau Desa Sanitasi Sehat di Kabupaten Indramayu,” kata Nina.

Pada kesempatan itu turut hadir, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Ahmad Budiharto, Kepala Dinas Kesehatan Wawan Ridwan, Dirut RSUD dan Plt. BKPSDM Deden Bonni Koswara, Direktur Polindra Rofan Aziz, dan pengurus HAKLI Kabupaten Indramayu. (Caya***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

gugat jokowi

gugat jokowi