KTP Palsu Diduga Banyak Digunakan untuk Berbagai Transaksi, Kok Bisa…Yuk Simak!

BeritanyaInfo, Indramayu – Mungkin kita tidak akan menyangka bahwa identitas seseorang yang palsu bisa digunakan untuk berbagai transaksi.

Berawal dari laporan masyarakat, BeritanyaInfo menelusuri berbagai tempat perkantoran, alhasil ditemukan berbagai tindakan pemalsuan identitas KTP untuk transaksi pembelian kendaraan bermotor baik R2 maupun R4.

Si XYZ membeli kendaraan mobil dengan cara kredit, dengan dibantu sales marketing dealer dan sales marketing Leasing maka dipermudahkanlah transaksi pembelian kendaraan tersebut.

XYZ mengungkapkan,” saya memang bekerja diIndramayu tetapi ktp saya masih ktp luar kota, di kota “J” dan saya ingin beli mobil disalah satu dealer, dan saya kemudian di buatkan ktp yang secara fisik jauh dengan ktp elektrik, kayak kertas yang dilaminating begitu,” ujarnya.

XYZ menambahkan,” di keterangan ktp yang dibuatkan tersebut nomor NIK dan nama saya tidak berubah, yang berubah itu alamat saya, tapi anehnya semua prosedur pembelian lancar, termasuk proses pembuatan stnk juga tidak ada masalah,” tuturnya.

BeritanyaInfo mendatangi salah satu dealer kendaraan R4 yang dimaksud XYZ, dua kali karena disuruh kembali keesokan harinya dan meminta konfirmasi terkait hal tersebut, wartawan BI dihadang oleh satpam dengan tegas menolak kedatangan BI.

Satpam berinisial “S” tersebut mengatakan,” mana kartu PWI kamu, kalo kamu wartawan pasti ada kartu PWI nya, disini tidak ada hal seperti itu, sales disini hanya menjual saja, mungkin sales leasingnya dan kalo mau nanya lebih lanjut ke pusat aja di Cirebon karena disini tidak ada pimpinan, yang ada bagian penjualan saja,” ketusnya.

Diduga penggunaan ktp palsu ini banyak digunakan oleh pihak perbankan atau finansial seperti leasing, koperasi ataupun bank, memang dalam modus tidak merubah nomor NIK dan nama, tapi merubah alamat aslinya.

Seharusnya pihak terkait mengantisipasi kejadian seperti ini dan mencegahnya karena bentuk pemalsuan dokumen negara adalah perbuatan melawan hukum dan ranahnya pidana. (Gani Wardhana,S.TP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

gugat jokowi

gugat jokowi