Madrasah Aliyah Negeri (MAN 1) Kota Ternate Peringati Maulid 1445 H

BeritanyaInfo, Kota Ternate – Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1445 H/2023 M, diperingati pagi tadi oleh Madrasah Aliyah Negeri (MAN 1) Kota Ternate, (30/9/2023). Kegiatan ini adalah bentuk aktualisasi program kerja OSIS , berkolaborasi dengan Bagian Kesiswaan MAN 1 Ternate.

Peringatan Maulid yang mengusung tema ” Meneladani Rasulullah Sebagai Inspirasi Pembentukan Karakter Generasi Muda Islam Yang Beriman, Berilmu dan Berakhlaq ” , tersebut berlangsung khidmat.

Hadir pada kesempatan tersebut, mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kota Ternate yakni Kepala Bagian Umum, Hi.Maskur Sapsuha, SH.MH. Turut hadir, Kepala Seksi (Kasi) Pendis Kemenag Kota Ternate, Mahmud Zulkiram, S.Ag.M.Si yang diberi amanah untuk menyampaikan hikmah Maulid.

Selain pejabat di lingkup Kemenag Kota tersebut, hadir pula Kamad MAN 1 Kota Ternate, Talib Ajid, S.Pd, para Wakamad, Dewan guru dan Tendik juga ibu-ibu majelis Ta’alim MAN 1 serta keseluruhan peserta didik.

Dalam hikmah maulidnya, Mahmud Zulkiram berkesempatan mengajak kepada hadirin terutama seluruh peserta didik agar selalu mentradisikan atau membiasakan lafaz kalimat shalawat Nabi. Pembiasan lisan ini, menurut Mahmud yang juga Jogugu Kesultanan Ternate, selain mendapat ganjaran pahala dari Allah SWT, pula sebagai pembuktian kesetiaan dan kecintaan kita terhadap Baginda Rasulullah.

” Kita di tuntut untuk membiasakan diri kita dalam keseharian untuk gemar melafazkan atau melisankan kalimat shalawat Nabi. Tidak sebatas itu, ketika mendengar ucapan orang yang menyebut nama Rasulullah, seketika itu pula, wajib untuk kita mengucap
“Sallallahu Alaihi Wassalam ” tutur Mahmud dalam ceramahnya.

Jogugu Kesultanan Ternate ini juga menyebutkan, Rasulullah Muhammad SAW adalah manusia pilihan, manusia yang dimuliakan dan diberi amanah oleh Allah SWT untuk menjadi pemimpin umat manusia demi mengatur kehidupan manusia terutama memperbaiki akhlak manusia. Olehnya itu, Muhammad SAW adalah cerminan umat manusia.

” Akhlak perbuatan Rasulullah itu semua telah termaktub dalam Al Qur’an, dan untuk memahami dan meneladani akhlak tersebut, diwajibkan untuk tidak sekedar membaca Al-Qur’an, tapi pula memahami isi kandungan AL-Qur’an.

” Dengan memahami isi kandungan Al-Qur’an, InsyaAllah hidup dan kehidupan kita akan senantiasa selamat dan kita akan termasuk dalam kelompok atau golongan umatNya ” urai Mahmud.

Mewakili Kakan Kemenag Kota Ternate, Kabag Umum, Hi.Maskur Sapsuha dalam sambutannya mengungkapkan, Al-Qur’an adalah kitab petunjuk juga suatu bentuk kurikulum yang universal yang telah dicanangkan Allah untuk selanjutnya diajarkan kepada manusia melalui Muhammad SAW.

” Kita di Madrasah sudah saatnya membangkitkan dan menampilkan marwah Al-Qur’an. Ini perlu dilakukan, mengingat, sebagian peserta didik Madrasah belum tahu membaca Al-Qur’an. Perlu langkah solutif yang harus diambil oleh setiap Madrasah untuk menjawab permasalahan ini ” ujarnya.

Kamad MAN 1 Kota Ternate, Talib Ajid, S.Pd berharap, melalui peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, seluruh keluarga besar MAN 1 Ternate dapat mengaktualisasikan, mewarisi dan meneladani akhlak Rasulullah.

Dengan meneladani akhlak Rasulullah SAW, InsyaAllah kita adalah termasuk dalam golongan umatNya dan kelak di Hari Kemudian akan mendapat syafaat dari Baginda Rasulullah dan selamat dari azab siksaan Allah SWT ” sebutNya. (KOKO ATENG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

gugat jokowi

gugat jokowi