Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTSN) 1 Kota Ternate Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H

BeritanyaInfo, Kota Ternate – Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, 12 Rabi’ul Awal 1445 H/2023 M, pagi tadi diperingati oleh keluarga besar Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTSN) 1 Kota Ternate. Penyelenggaraan Maulid yang berlangsung di Aula MTSN 1 tersebut mengusung tema ” Mari Bershalawat Demi Mengharapkan Syafaat Nabi Muhammad SAW Di Hari Akhir Kelak ” .

Hadir pada kesempatan tersebut, KH.Rusli Amin yang diamanatkan untuk memberikan hikmah maulid 1445 H. Selain itu, hadir pula Ketua Komite MTSN 1, Drs.Hi.Mujais Walanda yang juga Kepala Badan Kesbangpol Kota Ternate.

Selain para undangan tersebut, hadir pula Kepala Madrasah (Kamad) MTSN 1 Ternate, Sahdi Muhammad Laher, S.Ag, para Wakamad, seluruh dewan guru, tendik serta seluruh peserta didik.

Beberapa poin penting dalam penyajian materi tausyiah oleh KH.Rusli Amin turut memboboti khasanah pengetahuan dalam memahami dan mengenal kehidupan Muhammad SAW.

KH.Rusli Amin menyebutkan, untuk bisa mencintai dan mengimani ajaran yang di bawa Rasulullah, kita dituntut untuk mengenal sosok, karakter serta akhlak Nabiullah Muhammad SAW. Selain itu, kita juga harus mempelajari kehidupan Nya dari sejak lahir, dewasa, menerima wahyu dari Allah SWT hingga fase perjuangannya dalam siar Islam.

” Mengimani ajaran Muhammad SAW (Islam) yang sumbernya adalah Al-Qur’an, kita diwajibkan bukan hanya bisa membacanya, tapi juga wajib memahami isi kandungan Al-Qur’an. Selain itu kita juga diwajibkan mengimplementasikan perintah ajaran Islam yang termaktub dalam Al-Qur’an tersebut dalam kehidupan keseharian kita ” ujar KH.Rusli Amin.

Ia menyebutkan, pemahaman tentang Islam bukanlah bersifat parsial, tapi pemahaman yang universal dan paripurna(menyeluruh) atau pemahaman yang kaffah. Dikatakan olehNya, Islam sesungguhnya adalah agama yang cinta damai, agama yang memiliki misi damai bagi seluruh umat manusia.

Relevansinya dengan tema Maulid Nabi 1445 H, tak lupa Ia mengajak kepada seluruh keluarga besar MTSN 1 Ternate, terutama kepada seluruh peserta didik agar senantiasa mentradisikan kalimat shalawat dalam aktifitas keseharian.

” Banyaklah bershalawat sehingga kalian mendapat safaat dari Rasulullah di hari kemudian nanti ” ajaknya.

Ketua Komite MTSN 1 Kota Ternate, Drs.Hi.Mujais Walanda saat diwawancarai awak media ini usai kegiatan, tak lupa memberi apresiasi penuh atas suksesnya penyelenggaraan Maulid. Apresiasi khusus diberikan kepada peserta didik oleh karena tekhnis penyelenggaraan acara sepenuhnya dilakoni oleh para peserta didik.

” Keterlibatan peserta didik di acara ini sebagai MC, Pembacaan Kalam Ilahi, Sarih Tilawah, termasuk pementasan Samra dan pembacaan Shalawat Nabi menandaskan kompetensi dan kreativitas mereka sudah baik. Ini menunjukkan bahwa pengetahuan non akademik telah sukses di MTSN 1 ” tuturnya.

Kamad MTSN 1 Ternate, Sahdi Muhammad Laher, S.Ag dalam sambutan peringatan maulid mengatakan, momentum Bulan Rabi’ul Awal adalah bulan mulia karena telah dijanjikan Allah melalui kitab-kitabNya bahwa akan di utus ke muka bumi sosok manusia yang paripurna bagi langit maupun bumi.

Diutusnya Muhammad SAW menjadi Rasul dalam rangka untuk memperbaiki akhlak dan menjadi teladan bagi manusia.

“Sudah sepatutnya kita menjadi orang yang terus berusaha untuk mencontohi akhlak Rasulullah, dengan begitu InsyaAllah kita bisa menjadi orang yang baik ” tuturnya. (KOKO ATENG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

gugat jokowi

gugat jokowi