Marak Bocil Pengguna Sepeda Listrik di Jalanan, Ini Tanggapan Kasat Lantas Polres Indramayu

BeritanyaInfo, Indramayu – Pengguna sepeda listrik kian marak, tak terkecuali di wilayah hukum polres Indramayu dan Banyak anak kecil yang menggunakan sepeda listrik di jalan raya. Mengenai hal tersebut Kasat Lantas Polres Indramayu AKP Bagus Yudo Setyawan, S.I.K. kepada media BeritanyaInfo melalui sambungan telepon Selasa (08/08/2023) mengungkapkan,” Ya sesuai dengan Perpu Menhub sebenarnya memang gak boleh ke jalan raya, kami juga tidak bisa menindak langsung karena Etle Mobile di Indramayu sudah berjalan,” terangnya.

Bagus Yudo menambahkan,” Dan kebetulan kami juga sudah rapat dan akan mencoba mensosialisasikan kepada masyarakat untuk mengawasi atau mendampingi anak yang mengemudikan sepeda listrik, yakni usia dibawah 17 tahun minimal 12 tahun itu harus dalam pengawasan orang tua dan didampingi oleh orang dewasa, juga akan diadakan lajur khusus untuk pengguna sepeda listrik,” pungkasnya.

Dimana kita tahu bahwa bukan cuma larangan, polisi mengimbau sepeda listrik tidak dijual lagi ke masyarakat. Sepeda listrik diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 45 Tahun 2020 tentang Kendaraan Tertentu dengan Menggunakan Penggerak Motor Listrik. Selain sepeda listrik, aturan ini juga mengatur tentang Otopet, skuter listrik, hoverboard, dan sepeda roda satu.

Diharapkan kedepannya penggunaan sepeda listrik dijalan raya oleh anak dibawah umur bisa dikendalikan dan diatur agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan serta tidak membahayakan bagi diri sendiri maupun orang lain. (Wien)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

gugat jokowi

gugat jokowi