Masyarakat Nelayan di Desa Eretan Wetan Peroleh Layanan Adminduk

BeritanyaInfo, Indramayu – Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) bersama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Discapil) Kabupaten Indramayu memberikan layanan administrasi kependudukan (adminduk) bagi masyarakat nelayan di Desa Eretan Wetan, Kecamatan Kandanghaur, Sabtu (11/3/2023).

Bertempat di TPI Eretan Wetan dan KUD Misaya Mina, kegiatan pelayanan adminduk turut dihadiri Kepala Diskanla Kabupaten Indramayu, Edi Umaedi beserta jajaran, dan Kepala Discapil Kabupaten Indramayu, Moh. Iskak Iskandar beserta jajaran.

Iskandar menyampaikan, pemberian layanan adminduk secara mobile dengan mendatangi lokasi tempat tinggal masyarakat, merupakan salah satu inovasi yang dilakukan Bupati Indramayu Nina Agustina melalui Discapil sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih dekat terhadap masyarakat sehingga dapat lebih efektif.

Tak hanya itu, pemberian layanan dan pengurusan dokumen adminduk yang disediakan oleh Discapil bersifat tidak berbayar atau gratis.

“Kami bekerja sama dengan Diskanla memberikan layanan dengan mendatangi langsung tempat tinggal bapak ibu ini merupakan bentuk komitmen kami dalam memberikan pelayanan yang optimal dalam hal adminduk,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Iskak menjelaskan, dengan hadirnya layanan adminduk mobile ini dapat mendorong masyarakat agar dapat dalam administrasi kependudukan dengan melengkapi berbagai dokumen kependudukan bagi seorang WNI sesuai dengan Undang-Undang serta dapat memberikan data yang valid saat mengurus layanan kependudukan sehingga dapat mempercepat pemrosesan layanan.

Kemudian, kehadiran pelayanan adminduk di Desa Eretan Wetan ini mendapat respons dan antusiasme yang cukup baik dari masyarakat. Hal tersebut terlihat dari 500 target layanan yang diberikan, telah terealisasi sebayak 488 layanan adminduk yang diproses dengan rincian KIA 115 anak, KTP 157 orang, akta kelahiran 130 orang, KTP digital 51 orang, dan KK 35 orang.

“Alhamdulillah antusiasme masyarakat sangat baik, dari target 500 orang sudah terealisasi 488 orang dan pemberian layanan masih terus berjalan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Diskanla Kabupaten Indramayu Edi Umaedi menyampaikan ucapan terima kasih atas kolaborasi yang dilakukan bersama dengan Discapil Kabupaten Indramayu dalam memberikan pelayanan adminduk bagi masyarakat nelayan di Desa Eretan Wetan.

Dengan adanya kegiatan ini, dokumen kependudukan yang dimiliki masyarakat nelayan menjadi lengkap sesuai dengan yang diatur dalam undang-undang.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Discapil yang telah bekerja sama dengan Diskanla, dalam menghadirkan pelayanan adminduk di Desa Eretan Wetan atau tepatnya di TPI Eretan Wetan dan KUD Misaya Mina. Semoga hadirnya layanan ini dapat mempermudah masyarakat dalam melengkapi dokumen adminduk,” pungkasnya. (Wien***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

gugat jokowi

gugat jokowi