MTS Center Kota Ternate Bakal Gelar Festival Gam Lamo

BeritanyaInfo, Kota Ternate – MTS (Moloku Toma Susira) Kota Ternate bakal menggelar sebuah event penting yang dikemas nama Festival Gam Lamo 2023. Organisasi Sosial Kemasyarakatan tersebut merasa penting untuk melaksanakan festival semacam ini. Festival ini adalah pentas seni budaya, expo pembangunan dan UMKM.

Melalui tema: ” Membingkai Tradisi,Mewujudkan Ternate Mandiri Dan Berkeadilan ” , ajang ini ini diharapkan menjadi wahana buat masyarakat untuk mengenal budaya serta pentingnya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Ternate. Festival ini rencananya bakal digelar pada tanggal 10 hingga 30 November 2023. Terkait tempat pelaksanaan kegiatan, Festival ini akan berlangsung di lapangan Ngara Lamo, Kelurahan Soa Sio Kecamatan Kota Ternate Utara, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara.

Adapun peserta kegiatan adalah seluruh warga masyarakat Maluku Utara umumnya dan lebihh khusus adalah warga masyarakat Kota Ternate, para pelaku dan pegiat seni, pelaku UMKM maupun instansi pemerintah.

Diwawancarai awak media ini, ( Selasa, 10/10/2023), Sekretaris Panitia Pelaksana Festival Gam Lamo, Sumahdi Marsaoly mengatakan, maksud dan tujuan digelarnya kegiatan festival ini adalah untuk melestarikan budaya daerah Kota Ternate. Selain itu adalah untuk mengembangkan aset kebudayaan daerah Kota Ternate melalui event Festival Gam Lamo demi memperkaya aset kebudayaan nasional.

” Festival yang digagas oleh MTS Center Kota Ternate ini juga bertujuan untuk membangun kebersamaan dalam keberagaman suku maupun agama di Kota Ternate. Selain itu pula untuk meningkatkan sistem perekonomian kerakyatan guna kemandirian dan kesejahteraan ekonomi masyarakat menengah ke bawah dalam bentuk UMKM di Kota Ternate ” ungkap Sumahdi.

Menurutnya, Festival yang dilakukan dengan mengambil momentum sekaligus memeriahkan Hari Jadi Ternate (HAJAT) ke 773, akan di isi dengan beberapa mata acara. Mata acara tersebut adalah Panggung Budaya, Pemilihan Duta UMKM, Expo UMKM, MTS Religius, Lomba Pidato Bahasa Daerah Ternate. Selain itu ada juga Stand Up Komedi Bahasa Ternate, Lomba Tari Tradisional, Lomba Kasidah, Lomba Musik Tradisional, Tarian Lala Masal, Lomba Cukur Kelapa serta Pawai Kirab Budaya. (KOKO ATENG.)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

gugat jokowi

gugat jokowi