O’MAMA, Inovasi Percepatan Penurunan Stunting Di Kota Ternate

BeritanyaInfo, Kota Ternate – Salah satu inovasi Pemerintah Kota Ternate melalui Dinas Kesehatan dalam rangka percepatan penurunan Stunting adalah Ojek Makanan Mama (O”MAMA Andalan). Inovasi ini juga adalah bagian dari komitmen Pemerintah guna percepatan penurunan Stunting. Selain itu terobosan ini memiliki relevansi dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 72 Tahun 2021.

“Pemberian makanan tambahan tersebut berlangsung selama 90 hari kedepan. Dalam interval waktu tersebut,Ibu Hamil (Bumil) dapat mengkonsumsi makanan tambahan yang pendistribusiannya dilakukan oleh Ojek Andalan. Interval waktu pendistribusian dimulai Bulan Oktober hingga Desember 2023 kemarin ” ujar Kadis Kesehatan Kota Ternate, dr,Fathia Suma,M.Kes kepada awak media ini, (Senin/12/2/2024).

Dari terobosan inovasi tersebut, turut memberi side effect (dampak yang ditimbulkan) berupa hasil positif. Fathia mengungkapkan, terjadi peningkatan status gizi pada Ibu Hamil sebagaimana pembuktian hasil pantauan Dinkes Kota Ternate setiap dua Minggu sekali.

Kadiskes ini berharap semoga program dalam bentuk inovasi ini berlaku sustainable (berkelanjutan) di tahun berikutnya. Ini demi kesehatan Ibu Hamil.

” Kegiatan pendistribusian makanan tambahan untuk Ibu Hamil ini masih tetap dilanjutkan di Tahun 2024. Pengantaran menu makanan siang yang memiliki kandungan gizi seimbang ini telah pula dihitung takaran gizinya oleh petugas gizi. Untuk menunya dibuat bervariasi setiap hari ” tutup Kadiskes. (ATENG)

gugat jokowi

gugat jokowi