Panwaslu Kecamatan Jatibarang Sampaikan Pengawasan Logistik Surat Suara Pemilu 2024

BeritanyaInfo, Indramayu – Pemenuhan perlengkapan pemungutan suara, dukungan perlengkapan lainnya, dan perlengkapan pemungutan suara lainnya atau yang dikenal sebagai logistik Pemilu menjadi salah satu kunci terwujudnya pemilu berintegritas. Oleh karena itu, Panwaslu Kecamatan Jatibarang beserta jajaran melaksanakan pengawasan logistik Pemilu 2024 secara langsung ke gudang logistik 2 di Desa Langut Kecamatan Lohbener khususnya kelengkapan surat suara.

Sebelumnya pada tanggal 28 Desember 2023, Panwaslu Kecamatan Jatibarang telah melakukan pengawasan langsung logistik lainnya seperti segel, alat tusuk bantalan
dll yang dilakukan PPS.

“Panwaslu Kecamatan Jatibarang memastikan penyedia dalam pengadaan logistik khususnya surat suara sesuai dengan perencanaan, tahapan, waktu, jumlah dan ketepatan yang sudah direncanakan dan dibutuhkan untuk pemilu 2024 di Kecamatan Jatibarang.” Ucap Mukti.

Saat ini, Panwaslu Kecamatan Jatibarang beserta jajaran telah melakukan pengawasan secara ketat baik proses penyortiran dan pelipatan surat suara sebagai prinsip dasar yang menjadi fokus utama pengawasan kami terkait logistik surat suara dalam rangka pemilihan umum tahun 2024.

“Pertama, kami menyoroti pentingnya kualitas surat suara yang harus sesuai dengan rujukan peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Kedua, jumlah surat suara yang dilipat harus tepat, dengan penyesuaian pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditambah 2 persen. Ketiga, surat suara harus tepat jenis dan seluruhnya berada didalam TPS di wilayah Kecamatan Jatibarang.” Urainya.

Mukti menambahkan, kami juga memastikan bahwa pelipatan dan penyortiran surat suara harus berlangsung sesuai standar yang telah ditetapkan dikarenakan tujuan pengawasan tersebut adalah untuk memastikan bahwa setiap tahapan proses dilaksanakan dengan baik, mencakup aspek jumlah, jenis, bentuk, ukuran, spesifikasi, kualitas, waktu, dan tujuan.

Bawaslu hadir untuk memastikan bahwa petugas pelipatan dan penyortiran surat suara menjalankan tugas sesuai dengan tata cara dan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku.

“Adapun hasil pengawasan pelipatan dan penyortiran surat suara logistik pemilu 2024 digudang logistik 2 KPU bertempat Desa Langut Kecamatan Lohbener sampai tanggal 30 Januari 2024 yang dapat kami lnformasikan berdasarkan pengawasan langsung yaitu Jumlah surat suara yang di masukan ke kotak suara DPRD Kab jumlah surat suara 58.733 dengan kotak suara 217, selanjutnya DPRD prov surat suara 58.733, untuk DPR RI masih 46.477 dengan kotak 172 Kotak dan DPD masi 23.783 dengan kotak suara 86 kotak.” Imbuhnya.

Sementara untuk PPWP belum dimasukan. Dari hasil pengawasan logistik dapat dicermati masih ada kotak suara yang belum memenuhi, namun pada tanggal 31 Januari Panwaslu Kecamatan Jatibarang melakukan pengawasan secara langsung kekurangan tersebut agar dapat terpenuhi sesuai dengan jumlah Logistik yang sudah ditentukan diantaranya adalah untuk Surat suara DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPD, DPR RI dan PPWP sudah terpenuhi dengan masing-masing berjumlah 58.733 Surat Suara dan masing-masing 217 Kotak Suara. Tutupnya. (Wien***)

gugat jokowi

gugat jokowi