PERSAMI Dewan Penggalang PRAMUKA Ranting SMPN 3 Sindang Berlangsung Sukses dan Lancar


BeritanyaInfo, Indramayu – 1/10/2023 Perkemahan Sabtu Minggu ( PERSAMI ) Dewan Penggalang PRAMUKA Ranting SMPN 3 Sindang Gudep 03.057-03.058 yang dilaksanakan pada tanggal 30 September – 1 Oktober 2023 telah berlangsung sukses dan lancar. Dihadiri oleh para Pembina Ayu Indrawati, S.Pd., Kunarti,SP. Dan Wahyu Adi Afriansyah, S.Pd. Kegiatan Persami tersebut dimaksudkan untuk memberi pembekalan manajemen, penguatan pengetahuan dan ketrampilan sekaligus melantik Dewan Pramuka baru dari Kelas VIII yang dikawal oleh para pembina, pelatih dan Dewan dari kelas IX.

Di samping itu Persami dan pelantikan Dewan Pramuka dipersiapkan dalam merealisasikan program Perkemahan Pendahuluan Bela Negara (PPBN) yang setiap tahun dilaksanakan dengan bekerjasama dengan Kostrad Raider 321 Majalengka di Bumi Perkemahan Kostrad Raider 321 Majalengka Jawa Barat yang akan dilaksanakan pada bulan November 2023 mendatang.

Dalam kegiatan Persami yang dibuka oleh H. Sujaya,S.Pd mewakili Kepala Sekolah selaku Dewan Pembina Penggalang Pramuka Gudep 03.057-03.058 yang sekaligus memberikan pembekalan manajemen Pramuka. Beliau menyampaikan bahwa Pramuka merupakan organisasi yang sangat tersrtuktur dan lengkap, memiliki kurikulum dan program yang sangat jelas dan sistematis, dan sangat cocok untuk mempersiapkan dan memberkali generasi muda dengan berbagai kegiatan Pramuka. Oleh karena butuh leadership atau kepemimpinan yang baik. Untuk mempersiapkan calon pemimpin, seorang pemimpin harus mengembangkan 4 B yaitu Believe (Keimanan) , Behavior (Beauty) atau Prilaku yang baik , Brain (Kecerdasan), dan Body (Ketahanan Fisik). Sementara itu seorang pemimpin /Leader harus mampu memenej 6 M yaitu Man, Material, Maintenance, Money, Method and Market. Beliau juaga menjelaskan mengapa Pramuka Indonesia menggunakan lambang tunas kelapa karena tunas kelapa dan pohon kelapa itu semuanya berguna dari setiap bagian-bagiannya. Juga buah kelapa yang sudah tua di manapun terjatuh akan mampu untuk tumbuh bahkan mengapung di laut dan terdampar di pinggir laut sampai tumbuh di sepanjang pantai secara alami.

Sementara itu Sri Lita Yunaenah, S.Pd. pemateri tamu dari Kwarcab Pramuka Kec. Sindang dalam materinya beliau menyampaikan tentang tugas dan kedudukan dewan Penggalang. Menurut beliau, “Dewan Penggalang tingkat SMP ini hanya memiliki masa bakti selama enam bulan. Sementara Ketua Dewan atau Pratama dapat mengajukan lagi sebagai ketua selama dua kali berturut – turut. Dewan Penggalang tingkat SMP dalam pelaksanaannya dewan masih dalam arahan atau bimbingan dari pembina. Kendati demikian pembina tidak akan sepenuhnya mengarahkan semua tugas yang harus di kerjakan oleh para dewan. Melainkan ketika di nilai mampu oleh pembina, maka para anggota dewan penggalang berhak menentukan arahan dan tugas sepenuhnya.

“ Adapun Dewan Penggalang memiliki tugas : 1. Mengadakan rapat minimal sekali dalam sebulan, 2.Merancang, melaksanakan serta mengevaluasi setiap kegiatan kepramukaan sesuai dengan arahan kakak pembina. 3. Menerima dan mempertimbangkan segala gagasan atau usulan setiap regu untuk kemajuan pasukan 4. Mengatur waktu dan tempat latihan rutin 5. Membuat dan melaksanakan program kegiatan sesuai tugas dan tanggung jawabnya 6. Menyelenggarakan pemilihan pemimpin regu dan wakil pemimpin regu 7. Melakukan perekrutan anggota baru dan 8. Melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab “, pungkasnya.

Salah satu Pembina PRAMUKA Ranting SMPN 3 Sindang Gudep 03.057-03.058 Wahyu Adi Afriansyah, S.Pd. saat dimintai komentarnya oleh media mengatakan bahwa Pramuka Ranting SMPN 3 Sindang Gudep 03.057-03.058 yang dibinanya memiliki track record prestasi dan prestise yang sangat membanggakan dan telah banyak mengharumkan almamaternya. Bahkan pernah meraih juara umum dan berhaka meraih piala tetap dalam Lomba Kepramukaan se-Jawa Bali yang dilaksanakan SMK PGRI Jatibarang dan berbagai juara di event lomba Pramuka lainnya. Oleh karena itu tentu kami dibebani tugas yang amat berat untuk bisa mempertahankan prestasi dan nama Pramuka SMPN 3 Sindang. (jaya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

gugat jokowi

gugat jokowi