PPN Ternate Gelar Sosialisasi E – PIT

BeritanyaInfo, Kota Ternate – Kegiatan Sosialisasi Electronic Penangkapan Ikan Terukur (E- PIT), dilaksanakan pagi tadi, (Selasa, 25/7/2023), bertempat di Balai Pertemuan Nelayan, Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Ternate.

Peserta yang diundang dan hadir pada Sosialisasi E – PIT tersebut berjumlah kurang lebih 40 orang, berasal dari para pemilik kapal perikanan serta Nahkoda. Pemilik kapal perikanan yang di undang tersebut dikhususkan untuk kapal perikanan yang izinnya pasca produksi atau kapal perikanan yang sementara melakukan proses migrasi izinnya dari izin daerah ke izin pusat atau pasca produksi.

Selain para peserta tersebut, kegiatan Sosialisasi E – PIT ini juga menghadirkan sejumlah narasumber yang berkompeten dibidangnya. Mereka diantaranya, Kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Ternate, Kamarudin, S.Pi, Petugas Aplikasi Elektronik Penangkapan Ikan Terukur serta Kepala Satuan Pengawasan PSDKP Ternate.

Adapun maksud dan tujuan pemberlakuan Aplikasi E – PIT ini adalah untuk mempermudah para pelaku usaha perikanan dan pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada nahkoda kapal terkait pelayanan jasa kepelabuhanan seperti penerbitan SLO dan SPB.

Aplikasi ini juga untuk mempermudah pelaku usaha melaporkan hasil tangkapannya melalui aplikasi E – Logbook yang terintegrasi pula dengan E – PIT. Selain itu, E – PIT ini juga untuk keakuratan data pembongkaran hasil tangkapan ikan. Impac-nya dengan keakuratan tersebut dapat meningkatkan PNBP sektor perikanan.

Diwawancarai awak media ini usai pembukaan kegiatan, (25/7/2023), Kepala PPN Ternate, Kamarudin, S.Pi mengatakan terkait Aplikasi E- PIT sebenarnya sudah diterapkan oleh para pemilik kapal perikanan dan nahkoda. Ia menyebutkan, walau demikian masih ada sejumlah kendala tehnis di lapangan. Dengan demikian, sosialisasi ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman secara menyeluruh.

” Kendala yang dihadapi para pemilik kapal dan nahkoda itu lebih berkaitan dengan mekanisme pengoperasian aplikasi termasuk masih kurangnya pemahaman mereka terkait SOP pasca produksi ” ungkap Kamarudin.

Ia berharap, setelah sosialisasi ini, diharapkan pemilik kapal dan nahkoda dapat mengoperasikan Aplikasi Elektronic Penangkapan Ikan Terukur (E- PIT) secara baik. Side effect-nya dapat meningkatkan kepatuhan para pemilik kapal dan nahkoda sebagai pelaku usaha perikanan khususnya pemilik kapal dalam memenuhi kewajiban membayar Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) pasca produksi usaha sektor sumber daya perikanan. (KOKO ATENG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

gugat jokowi

gugat jokowi