SMPN 1 Jatibarang Indramayu Peduli Siswa Yatim Piatu

BeritanyaInfo, Indramayu – Program peduli siswa yatim/piatu yang dilaksanakan oleh SMPN 1 Jatibarang adalah sebuah program yang patut ditiru oleh sekolah lain.

Tidak kurang 40 siswa yatim setiap dua bulan sekali mendapat santunan berupa uang tunai sebesar seratus ribu rupiah untuk membantu kebutuhan sekolah yang mereka perlukan. Dana santunan untuk siswa yatim/piatu ini bersumber dari program ” Sedekah Shubuh” yang dilaksanakan guru dan tenaga Tata Usaha yang ada di SMPN 1 Jatibarang. Setiap pagi setelah shalat subuh guru/ TU menyisihkan sebagian sedikit rizkinya dengan cara memasukkan uang receh ke dalam kaleng kenclengan yang ada di rumah masing-masing yang telah disediakan oleh sekolah. Dan setiap 2 bulan sekali uang tersebut dikumpulkan di sekolah untuk dibagikan kepada siswa yatim/piatu. Program ini sudah berlangsung selama dua tahun lebih, Jelas Drs. H. Darkim, M.Pd Selaku Kepala SMPN 1 Jati barang, dijumpai Media On Line Beritanyainfo.com-Indramayu, di ruang kerja nya, Pada Hari Kamis, 05 Oktober 2023, Sekira Pukul 10.15 WIB.

Menurutnya, SMPN 1 Jatibarang merupakan Sekolah Menengah Pertama Negeri yang berlokasi di Wilayah Kecamatan Jatibarang serta tidak jauh dari Pusat Pemerintahan termasuk Pusat Perekonomian (Bisnis), SMPN 1 Jatibarang memiliki Jumlah Peserta didik sebanyak 934 Siswa/Siswi, dengan jumlah tenaga guru sebanyak 53 orang dan Tata Usaha sebanyak 13 or, Meski pun demikian Sekolah kami masih Memiliki Tenaga Guru/Pendidik yang masih Honorer, yaitu sebanyak 20 Orang serta 10 Tenaga Kependidikan/ Staf Tata Usaha yang Masih Honorer. Jumlah Peserta Didik kelas VII terdiri dari 10 Rombongan Belajar, untuk di Kelas VIII juga terisi sebanyak 10 Rombongan Belajar, dan di Tingkat Kelas IX masih bertahan sebanyak 10 Rombongan Belajar, Tegas Drs. H. Darkim, M.Pd lagi.

Kemudian SMPN 1 Jatibarang ini Menerapkan Visinya adalah Religius, Edukatif, Berprestasi, Optimis, Rukun dan Nyaman (REBORN), Sedangkan Misinya adalah terciptanya lingkungan sekolah yang bersih indah dan nyaman sebagai tempat belajar, melaksanakan pembiasaan sapa,salam, senyum, sopan, dan santun, mengikuti lomba baik akademik maupun non-akademik, serta menjalin kerukunan dan kebersamaan sesama warga sekolah. Menyambut, menyapa Peserta didik yang akan masuk pintu gerbang Sekolah adalah kegiatan rutin yang dilakukan Kepala Sekolah dan Jajaran Dewan Guru, peserta didik antusias/ bersemangat untuk belajar di sekolah. Kepala Sekolah dan Dewan Guru sudah Berdiri Stand by di depan pintu Gerbang SMPN 1 Jatibarang, maknanya adalah menanamkan pembiasaan Salam, Senyum, Sapa, Sopan dan Santun kepada peserta didik. .

RELIGIUS, kegiatan yang diterapkan di SMPN 1 Jatibarang ini adalah pada Hari Jum’at Mengajak Peserta Didik untuk bersama- sama melaksanakan Sholat Dhuha bersama Membaca Al Qur’an dan Berdzikir dengan memakan waktu 10 sampai dengan 15 Menit, Setelah itu Belajar seperti biasa.

EDUKATIF,
Menerapkan Pola Pendidikan yang bersifat Persuasif dan Praktek seperti membersihkan ruang kelas, membersihkan halaman sekolah dari sampah-sampah akibat tiupan angin atau daun-daun kering yang gugur/rontok dari pohonnya,

OPTIMIS,
Rasa optimis bagi seluruh warga sekolah untuk meraih peningkatan mutu dan prestasi di SMPN 1 Jatibarang selalu ditanamkan .Peserta didik dibimbing semangat belajar baik di sekolah maupun dirumahnya masing-masing. Keberhasilan dan kesuksesan peserta didik merupakan kepuasan, kegembiraan dan kebahagiaannya sekolah dan orang tua.

BERPRESTASI,
Setiap peserta didik memiliki bakat, minat dan kemampuan masing-masing, baik di bidang akademik maupun di bidang non-akademik. Prestasi Peserta didik SMPN 1 Jatibarang tidak saja mengukir prestasi di bidang akademik, akan tetapi juga mampu mengukir Prestasi dari Bakat Olah Raganya, Seperti Pencak Silat dari Tingkat Kabupaten, Propinsi hingga Tingkat Nasional, Kami Kepala SMPN 1 Jatibarang Merasa Puas dan Bangga Memiliki Peserta didik atau Siswa yang berprestasi pada Cabang Olah Raga Pencak Silat hingga di Tingkat Nasional.

RUKUN
Menciptakan suasana rukun dan damai adalah pola dan metoda yang kami terapkan kepada peserta didik termasuk jajaran Dewan Guru selaku Tenaga Pendidik untuk bersama-sama menciptakan situasi dan kondisi yang aman, harmonis, dan humanis.

NYAMAN
Menciptakan lingkungan sekolah sebagai tempat belajar yang bersih, indah dan nyaman adalah prioritas kami, transfaransi dalam pengelolaan keuangan juga menciptakan suasana yang kondusif di SMPN 1 Jatibarang, kerja sama dengan pihak orang tua siswa dan komite sekolah juga terjalin dengan baik, Tegas Drs. H. Darkim, M.Pd Mengakhiri Komentarnya.
(Asep A. Riyanto/A.J. Victor).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

gugat jokowi

gugat jokowi