SMPN 7 Ternate Sukses Gelar ANBK

BeritanyaInfo, Kota Ternate – Assesment Nasional Berbasis Komputer (ANBK) SMPN 7 Ternate Tahun Pelajaran 2023-2024, resmi di gelar Senin kemarin, (18/9/2023). Assesment yang berlangsung dua hari, Senin hingga Selasa, (18-19/9/2023) tersebut berlangsung tertib dan lancar.

Pelaksanaan ANBK yang mengikutsertakan 45 siswa SMPN 7 sebagai peserta sekaligus sebagai representasi perwakilan institusi pendidikan SMPN 7, dipantau langsung oleh tim dari Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Maluku Utara. Selain BPMP, assesment juga dipantau oleh tim dari Dinas Pendidikan Kota Ternate serta pengawas pendidikan tingkat SMP. Selain itu, untuk memenuhi transparansi dan akuntabilitas hasil kerja siswa atau peserta, assesment ini juga diawasi oleh tim pengawas ruang. Sistem pengawasan ruang yang diberlakukan adalah pengawasan silang antara guru pengawas dari SMPN 6 dan SMPN 7 Ternate.

Diwawancarai awak media ini,( 19/9/2023), Kepala SMPN 7 Kota Ternate, Udin Kuka, S.Pd.MM, mengungkapkan, dengan ketersediaan fasilitas ruang dan perangkat komputer yang dimiliki, turut memaksimalkan pelaksanaan ANBK. Tutur Kepsek, sebelum pelaksanaan assesment telah dilakukan simulasi dan gladi pada H-3 sebagai persiapan sebelum dimulainya assesment.

“Terkait peserta atau siswa yang diikutsertakan pada assesment, itu sepenuhnya adalah kewenangan pusat. 45 siswa tersebut ditetapkan melalui kerja sistem Dapodik. Sekolah sama sekali tidak memiliki kewenangan untuk mengintervensi keberadaan peserta termasuk proses dan hasil kerja siswa ” pungkas Udin.

Pelaksanaan ANBK yang pada hari pertama dan hari kedua berlangsung masing-masing dalam dua sesi tersebut, intinya adalah untuk menilai atau mengevaluasi terkait perkembangan sekolah, sarana prasarana termasuk aspek akademiknya.

Secara umum ANBK menilai dan mengevaluasi aspek Literasi, Numerasi, Survei Karakter dan Survei Lingkungan.

Sebut Udin, hasil ANBK ini bakal ter-cover dalam Raport Pendidikan. Intinya semua proses kerja siswa selama mengikuti assesment, hasilnya akan terlihat dalam Raport Pendidikan. Tutur Kepsek, Pemerintah dan masyarakat turut pula mengetahui secara langsung eksistensi sekolah ini melalui Raport Pendidikan.

” Alhamdulillah Raport Pendidikan SMPN 7 Ternate pada tahun kemarin mempersentasikan adanya progres report sekolah yang lumayan bagus. Dari hasil assesment tahun lalu SMPN 7 berhasil meraih katagori “Sekolah Berkemajuan”. Hasil ini memantik kebijakan pusat untuk mengalokasikan Bos Kinerja. InsyaAllah hasil assesment 2023-2024 kita bisa meraih predikat ” Sekolah Berprestasi “, ujar Udin.

Setelah ANBK ini selanjutnya bakal digelar Survei Lingkungan Belajar. Pesertanya adalah Kepsek dan guru. Terkait waktu pelaksanaan, belum bisa dipastikan kapan pelaksanaannya.

Pengawas pendidikan tingkat SMP yang hadir pada pelaksanaan ANBK, ketika dimintai komentarnya menyebutkan, pihaknya sangat mengapresiasi adanya progres kemajuan setelah diberlakukan assesment. Menurutnya, hasil assesment yang termuat dalam Raport Pendidikan, menjadi bahan evaluasi pihak sekolah untuk merecovery berbagai kekurangan.

Diketahui, SMPN 7 Ternate pada ajang penilaian Kota Sehat, juga menjadi duta perwakilan Dinas Pendidikan Kota Ternate bersama SDN 26.

” Penilaian Kota Sehat yang merupakan program 3 Kementerian yakni, Kementerian Kesehatan, Kementrian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan serta Kementrian Perumahan Pemukiman. Untuk OPD Dinas Pendidikan Kota Ternate mewakilkan SMPN 7 dan SDN 26 sebagai sampel penilaian sekaligus menjadi sasaran Tim Verifikasi Kota Sehat. Penilaiannya akan dilakukan esok (Kamis, 21/9/2023). SMPN 7 sangat siap untuk mengikuti ajang Penilaian Kota Sehat ” ujar Kepsek. (KOKO ATENG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

gugat jokowi

gugat jokowi