Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, Dunia Pendidikan Garda Terdepan dalam Membangun Peradaban

Lumajang,-Para guru memiliki peran strategis dan berada di garda depan dalam mempersiapkan kualitas SDM yang berkualitas sekaligus berdaya saing. Guru diharapkan tidak hanya sekedar Tansfer ilmu pengetahuan, tetapi juga dapat memberikan inspirasi bagi peserta didik agar optimal dalam pengembangan bakat serta kemampuan/potensi kreatif yang dimiliki.” Ungkap H. Muhamad Nur Purnamasidi anggota MPR RI Fraksi Partai Golkar.

Lebih lanjut, Politisi Senayan dari Dapil Jawa Timur IV Jember Lumajang ini menegaskan Pentingnya Para Guru, terutama yang tergabung dalam wadah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) menjadikan 4 pilar kebangsaan sebagai landasan dalam proses belajar mengajar.

“Empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD NRI 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI sebagai pondasi dalam mengokohkan semangat kebangsaan, Cinta tanah air sejak dini kepada peserta didik.’

lebih lanjut Pria yang akrab di sapa Bang Pur yang juga Ketua DPP Ormas MKGR wilayah Jawa II (Jatim, Jateng dan DIY) ini menyuarakan agar Dunia pendidikan sebagai ujung tombak membangun peradaban, jangan sampai terinfiltrasi, tersusupi ideologi lain yang nyata bertentangan bahkan berkehendak merubah ideologi negara.

“PGRI sebagai wadah bersama para guru memiliki peranan penting, termasuk di dalamnya bersama stakeholder lain melakukan langkah pro aktif serta preventif terhadap masuknya pengaruh Ideologi yang merusak kebhinekaan sebagai warga bangsa.” Imbuh Bang Pur .

Giat Sosialisasi ini bukan sekedar diseminasi informasi, tetapi yang lebih penting adalah ikhtiar bersama untuk menjadikan empat pilar kebangsaan ini dalam praktek atau implementasinya, khususnya di dunia pendidikan. Pungkasnya.

Sementara itu Ketua PGRI Lumajang Kisnanto memberikan apresiasi dan giat sosialisasi empat pilar sangat penting dalam mewujudkan profil pelajar pancasilais. Kemasan dan metode bisa beragam, senyampang internalisasi nilai-nilai empat pilar dapat ditumbuhkembangkan serta dipraktekkan dalam dunia pendidikan. Ujarnya.

Giat Sosialisasi empat pilar kebangsaan dilaksanakan di Ruang Aula PGRI Lumajang, Rabu, 23 Juni 2023. Diikuti oleh Ratusan Guru SMU/SMK, baik negeri maupun Swasta yang ada di Kabupaten Lumajang. Turut hadir dalam acara diantaranya Ketua Kesbangpol Paiman (Plt.), Pudholi Sandra (Tenaga Ahli DPR RI). (Husnu Mufid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

gugat jokowi

gugat jokowi