Tim Damkar Kabupaten Indramayu Edukasikan Penanganan Kebakaran di Sabtu Ceria

BeritanyaInfo, Indramayu – Pentingnya pemahaman masyarakat tentang penyebab kebakaran serta cara menanggulangi kebakaran dalam skala kecil baik dengan APAR (alat pemadam api ringan) maupun dengan alat tradisional seperti kain basah. Untuk itulah pemberian materi terkait penanggulangan kebakaran harus disosialisasikan sejak dini.

Seperti yang dilakukan Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Indramayu dalam kegiatan Sabtu Ceria di halaman Pendopo Kabupaten Indramayu. Tim Damkar memberikan edukasi tentang kesiapsiagaan, pencegahan dan penanggulangan kebakaran kepada pelajar SMPN Unggulan Sindang, Sabtu (11/2/2023).

Selain penanggulangan kebakaran, Tim Damkar Indramayu juga memberikan pengenalan Sarana dan Prasarana peralatan yang digunakan oleh petugas Damkar, baik penanggulangan maupun non penanggulangan (evakuasi).

Petugas Damkar Indramayu, Acep Rudi mengatakan, para siswa yang mengikuti kegiatan edukasi terlihat sangat antusias. Diharapkan mereka menjadi tahu dan mampu sekaligus paham akan pentingnya pencegahan kebakaran daripada penanggulangan kebakaran.

Acep Rusdi menambahkan, Damkar Indramayu merasa senang menjadi bagian dari program Sabtu Ceria. Menurutnya hal ini memudahkan pihaknya untuk menyosialisasikan tentang bahaya kebakaran dan cara mencegah serta menanggulangi kebakaran baik dalam skala kecil maupun besar.

”Tidak sedikit dari mereka yang sudah mengerti tentang alat pemadam kebakaran seperti APAR. Mereka juga mengerti tentang segitiga api yakni bahan bakar, panas dan udara yang bisa memunculkan api,” ungkapnya

Acep Rusdi berharap untuk kedepannya, kegiatan-kegiatan Sabtu Ceria dapat mengikutsertakan Tim Damkar Indramayu sebagai Narasumber agar dapat menjelaskan tentang bahaya kebakaran dan cara menanggulanginya.

“Saya berharap ke depan, program seperti Sabtu Ceria yang melibatkan kami selaku petugas pemadam kebakaran bisa diikut sertakan sebagai narasumber untuk bisa menjelaskan tentang bahaya kebakaran dan cara menanggulanginya,” harapnya

Selain itu Kepala SMPN Unggulan Sindang, Sutrisna mengatakan, dari beberapa kegiatan, siswa-siswi SMPN Unggulan Sindang terlihat sangat antusias mengikuti. Salah satunya kegiatan yang diberikan Tim Damkar Indramayu terkait Penanggulangan Kebakaran.

“Tadi saya liat beberapa kegiatan, siswa kami sangat antusias termasuk saya juga, mengikuti edukasi Tim Pemadam Kebakaran tentang bagaimana cara menghindari dari kebakaran yang tentu saja ini tidak menutup kemungkinan akan terjadi di mana saja,” ujarnya

Sutrisna mengucapkan terima kasih kepada Tim Damkar Kabupaten Indramayu yang telah memberikan edukasi kepada siswa dan guru kami sehingga mengerti pengetahuan tentang bagaimana cara memadamkan api.

“Terima kasih kepada pihak pemadam kebakaran yang telah memberikan edukasi kepada siswa serta guru kami, sehingga sedikit banyak mengerti pengetahuan tentang bagaimana cara memadamkan api,” ungkapnya. (Wien***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

gugat jokowi

gugat jokowi