Trauma Healing Siswa-Siswi SDN Lajer 1 Pasca Bencana Anak Tenggelam pada Kegiatan Pramuka

BeritanyaInfo, Indramayu – Musibah Tiga siswa SD Negeri Lajer 1 Kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, tenggelam di sungai dan meninggal saat mengikuti kegiatan sekolah, Sabtu (17/2/2024). Oleh karena itu, musibah yang terjadi pada anak-anak memang akan meninggalkan trauma mendalam.

Perlu penanganan tepat untuk mengobati trauma ini jika ingin mereka tumbuh dengan baik. Melihat hal ini Pemerintah Kabupaten Indramayu melalui Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan Anak (Disduk-P3A) Kabupaten Indramayu Bersama Team psikologi dari Pelayanan Terpadu RSBI Indramayu didampingi oleh Kabid PHP & PKA (Disduk-P3A Kab. Indramayu) beserta team dan di hadiri oleh Camat Tukdana dan Kapolsek Tukdana, Ka. UPTD P2KB P3A Kec. Tukdana ,serta Kuwu Tukdana, pada hari Jumat (23/02/2024) di SD N Lajer 1 memberikan healing trauma bagi siswa siswi kls 3,4,5 SD N Lajer 1 Kecamatan Tukdana, dengan memberikan hiburan menyanyi/menari/berjoget serta dukungan secara psikis untuk meminimalisir dampak traumatis yang dihadapi pasca musibah.
Dalam melaksanakan Healing Trauma tersebut, Plt. Kepala Disduk-P3A Kab. Indramayu melalui Kabid. PHP dan PKA Hj. Cicih Sukarsih, S.ST.,MHKes menjelaskan kegiatan Healing Trauma mempunyai banyak manfaat bagi siswa-siswi antara lain menghilangkan beban di pikiran, membuat bahagia, menjadi pribadi yang lebih ikhlas, menjadi semangat kembali, membuat hati tenang dan tentram serta lebih peka untuk menyikapi keadaan yang ada.
Perlu diketahui, Healing Trauma adalah suatu kegiatan atau tindakan yang dilakukan untuk mengurangi atau menghilangkan trauma yang ada. Di sisi lain, healing trauma adalah suatu tindakan yang dilakukan untuk membantu orang lain yang sedang mengalami gangguan dalam psikologisnya yang diakibatkan syok atau trauma.(Fadill***)

gugat jokowi

gugat jokowi